Menkominfo Rudiantara Tinjau Proyek Palapa Ring di Sulut

Reporter : | 25 Mei, 2018 - 9:47 pm WITA

Proyek palapa ring

Menkominfo Rudiantara bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Sekdaprov Edwin Silangen.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara, meninjau secara langsung proyek palapa ring paket tengah di Sulut, Jumat (25/5/2018).

Peninjauan pemasangan kabel bawah laut melalui kapal nusantara explore yang berlokasi di perairan Desa Tateli, Kabupaten Minahasa ini, turut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Sekprov Edwin Silangen, dan pejabat terkait lainnya.

Selesai meninjau, Olly menyatakan harapannya agar Proyek Palapa Ring Paket Tengah bisa mendapatkan sambutan baik dari pemerintah kabupaten dan kota yang menjadi bagian dari proyek.

“Sehingga kerjasama pemerintah pusat dengan seluruh masyarakat yang menjadi target Kementerian Kominfo bisa berjalan dengan baik,” harap Olly.

Kata dia, warga di wilayah perbatasan sangat mengharapkan sekali mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat.

“Khususnya Kementerian Kominfo sehingga kami bisa mengikuti perkembangan teknologi informatika yang sangat cepat,” ungkap Olly, sembari berharap adanya akses teknologi informatika yang lebih baik dapat mendorong sektor pariwisata.

Menkominfo pada kesempatan itu, mengatakan dirinya melihat langsung proyek pembangunan palapa ring tengah sepanjang 1700 km di laut agar bisa cepat terlaksana dan selesai di akhir tahun 2018.

Menkominfo menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang sangat mendukung pelaksanaan proyek ini, Menteri meminta fasilitasi Gubernur agar dapat mempercepat segala perijinan terkait proyek tersebut sehingga hasil proyek ini bisa dinikmati masyarakat Sulut.

Diketahui palapa ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optic di seluruh Indonesia termasuk Sulut sepanjang 3.600 kilometer. Ini juga akan menjangkau 440 kabupaten/kota se-Indonesia.

Pembangunan Palapa Ring yang menjadi tiga paket pekerjaan. Yaitu Palapa Ring barat, timur dan tengah di kabupaten/kota yang tidak layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan komersil. Proyek Palapa Ring terbesar ini adalah di wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga ke Kabupaten Sangihe dengan total panjang serat kabel optic sekira 2.995 kilometer. Ini akan menjangkau 27 kabupate/kota. Progres pembangunan Pala Ring tengah ini sudah mencapai 77,49% dan masuk tahap penggelaran kabel optic bawah laut Kabupaten Minahasa. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment