Lolowang Ikut Rakeuda dan Sosialisasi Permendagri 38/2018

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang
Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh Kamis (24/5/2018) mengikuti Rapat Kerja Keuangan Daerah (Rakeuda) dan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38  Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019  di Grand Sahid Jaya Jakarta.

Menurut Lolowang, dalam rapat kerja dan sosialisasi tersebut Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dalam melaksanakan program-program pembangunan.

‘’Pemerintah daerah diminta lebih fokus pada pembangunan daerah dengan mencermati karakteristik dan potensi di daerah masing masing dengan memperhatikan isu strategis dan permasalahan yang ada dengan memperhatikan fokus program nasional dan provinsi,’’ ujar Lolowang didampingi Kabag Perekonomian Harny B Korompis SE.

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang bersama Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur dan Kabag Perekonomian harny B Korompis SE
Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang bersama Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur dan Kabag Perekonomian harny B Korompis SE

Pemerintah daerah juga lanjut Lolowang, diminta untuk fokus pada masalah-masalah bencana alam di daerah. Selain Mendagri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro turut membawakan materi Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas sebagai tema pembangunan 2019.

Dirjen Bina Keuangan daerah dalam materi rapat kerja mengingatkan tentang tahapan penyusunan APBD yang akan dimulai Minggu II Juli untuk penyampaian KUA PPAS.

Selain dari kementrian Keuangan RI turut memberikan materi dari BPK-RI. Selain Sekretaris Kota dan Kabag Perekonomian, turut hadir dari Pemerintah Kota Tomohon Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur dan Sekretaris DPRD Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP. (ark)