KPU Mitra Gelar Bimbingan Teknis Terpadu Pilkada Mitra Tahun 2018

Reporter : | 23 Mei, 2018 - 9:56 am WITA

Pilkada Mitra 2018, KPU MitraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Kalangan disabilitas harus mendapatkan perhatian tersendiri dari pihak penyelenggara Pilkada. Karena itu, Komisi Pemilihan Umun (KPU) pun memastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus dibuat ramah bagi kalangan disabilitas.

“Menjadi catatan penting nanti agar setiap TPS yang dibangun, harus ramah bagi pemilih dishabilitas,” kata Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Yessy Momongan, kala memberikan materi dalam Bimbingan Teknis Terpadu Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mitra, di Green Garden Ratahan, Selasa (22/5/3018).

Menurut Momongan, beberapa syarat pendirian TPS sudah harus dilakukan survei sejak dini.

“Adapun beberapa pertimbangan kelayakan TPS yakni soal akses, hingga kondisi geografisnya dan tidak boleh TPS ditempatkan pada gedung dua lantai, sebab akan menyulitkan yang sudah lanjut usia bahkanpun untuk kaum disabilitas,” tutur Momongan didampingi komisioner lainnya Ardiles Mewoh, yang keduanya juga dinyatakan lolos menjadi Komisioner KPU periode kedepan.

Sedangka, denah pembuatan TPS harus dilakukan sesuai dengan tata cara yang sudah diatur, mulai dari petugas ataupun siapa saja yang bisa berada di dalam TPS, hingga siapa saja yang punya akses lainnya.

“Perlu dipahami bersama bahwa nantinya akan ada petugas. Selain itu hanya bisa dihadirkan saksi pasangan calon dan itu pun dibatasi hanya satu orang. Kemudian ada tim pemantau, pengawas TPS. Kalau petugas keamanan pun hanya bisa diluar,”tukasnya.

Sementara, Ketua KPU Mitra Ascke Benu menyatakan, pada hari pencoblosan 27 Juni nanti, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 204 TPS yang disebar di 12 kecamatan, 135 desa di Mitra.

“Jumlah TPS Pilkada kali ini ada sebanyak 204 buah. Soal akses dan kemudahan itu wajib dan akan kita kondisikan di lapangan nanti. Kami berharap semua warga wajib pilih untuk menyalurkan hak suaranya pada hari pencoblosan nanti,” ujar Benu didampingi Komisioner KPU lainnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu Sulut Herwyn Malonda, Ketua Panwas Pilkada Mitra Drs Jobby Longkutoy, personil Panitia Pemilihan Kecamatan serta Panitia Pengawas Kecamatan. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.