Peneliti: Makan Telur Setiap Hari Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Reporter : | 22 Mei, 2018 - 6:14 pm WITA

Penyakit Jantung, resiko Penyakit Jantung, obat Penyakit Jantung, Peking University Health Science Center

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Makan sebutir telur setiap hari dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung, menurut sebuah studi baru oleh para peneliti di Peking University Health Science Center.

Meskipun telur merupakan sumber utama kolesterol makanan, telur juga mengandung protein dan vitamin berkualitas tinggi.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melihat hubungan antara makan telur dan penyakit jantung. Mereka menggunakan data dari penelitian China Kadoorie Biobank – penelitian prospektif yang sedang berlangsung pada sekira setengah juta orang dewasa berusia 30 hingga 79 tahun dari 10 wilayah geografis yang berbeda di Cina.

Peserta yang direkrut antara tahun 2004-2008, ditanya tentang seberapa sering mereka makan telur, dan kemudian ditindaklanjuti di tahun-tahun berikutnya.

Hasilnya mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak makan telur, konsumsi telur setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Secara khusus, orang yang makan telur setiap hari memiliki 26 persen lebih rendah risiko stroke hemoragik, 28 persen lebih rendah risiko kematian akibat stroke, dan 18 persen lebih rendah risiko kematian akibat penyakit jantung.

“Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan antara tingkat konsumsi telur sedang (hingga 1 telur / hari) dan tingkat kejadian jantung yang lebih rendah. Temuan kami menyumbangkan bukti ilmiah untuk pedoman diet yang berkaitan dengan konsumsi telur untuk orang dewasa Cina yang sehat.”kata para peneliti, yang dipimpin oleh Profesor Liming Li.

Namun, peneliti lain telah memperingatkan bahwa hasilnya harus dimanfaatkan dengan hati-hati.

“Jika Anda mempelajari cukup banyak orang, anda dapat menemukan korelasi antara hampir semua hal. Mengatakan bahwa makan telur itu baik (atau buruk) untuk anda berdasarkan penelitian seperti ini akan sangat bodoh, karena diet jauh lebih rumit daripada memilih satu bahan makanan seperti telur.”jelas Dr Gavin Sandercock, seorang ahli fisiologi di University of Essex.

“Menempatkan temuan pada angka, ini berarti makan telur dapat mengurangi risiko penyakit jantung anda hanya 0,1%, sedangkan rajin beraktivitas atau berhenti merokok mengurangi risiko ini sebesar 30-50%.”tambahnya.

sumber: Mirror.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment