Ini yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Matahari Akhirnya Mati

Reporter : | 22 Mei, 2018 - 6:04 pm WITA

Matahari , Matahari mati, nebula

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Menurut para ilmuan, sebelum Matahari benar-benar hilang, salah satu sumber kehidupan tersebut akan menjadi lebih panas. Dalam 3,5 miliar tahun ke depan, para ilmuwan memperkirakan bahwa Matahari akan bersinar sekira 40% lebih terang daripada saat ini.

Pada suhu itu, es kutub akan mencair, lautan akan mendidih dan kemudian menguap, dan kehidupan di Bumi akan menjadi sangat tidak nyaman. Bumi akan menyerupai planet Venus.

Sekira 5,4 miliar tahun kemudian, Matahari akan mulai melebar. Menurut Science Explorer, kemungkinan besar akan menyerap Merkurius dan Venus, dan bahkan ada kemungkinan mencapai Bumi.

Dengan asumsi bahwa Bumi bertahan, permukaan planet kita akan menjadi sangat panas sehingga akan mulai berwarna merah. Temperatur yang intens akan membuat sebagain besar permukaan Bumi mirip batu karang. Dan situasi tersebut membuat manusia dan makhluk hidup lain hampir tidak mungkin untuk bertahan hidup.

Adapun Matahari, pada fase tersebut akan memuntahkan debu dan gas yang pada akhirnya berubah bentuk menjadi nebula. Kemudian, akan menyusut sebesar ukuran Bumi.

Nebula akan tetap terlihat selama 10.000 – 20.000 tahun sebelum benar-benar hilang dan mungkin menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan untuk menciptakan bintang dan planet baru. Dari sisa-sisa Matahari mungkin akan ada kehidupan baru.

sumber: Mirror.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.