Lomban Irup Harkitnas ke-110

Reporter : | 22 Mei, 2018 - 9:28 am WITA

Walikota Bitung ,Maximiliaan J Lomban , Harkitnas ke-110BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Senin (21/5/2018).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan bahwa Harkitnas merupakan hasil persatuan rakyat Indonesia yang berinisiatif untuk berjuang meraih kemerdekaan.

“Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama yakni kemerdekaan bangsa,” tutur Lomban.

Lanjutnya, persatuan adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia. Namun pada saat yang sama, tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi oetomo memberi contoh bagaimana berkumpul dan berogranisasi tanpa melihat asal usul primordial, yang akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemedekaan.

Lomban juga mengatakan bahwa butir kelima dari nawacita kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia pada 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya,” jelas Lomban.

Dulu kita bisa dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa.

“Seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita,” tutup Lomban.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah bagi Kelurahan yg juara saat Lomba Kelurahan, Juara 1 Wangurer Barat, Juara 2 Winenet Dua dan Juara 3 Posokan. Hadir saat itu Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri bersama Forkompimda.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.