Termasuk Susu dan Jus Buah, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Malam Hari

Reporter : | 21 Mei, 2018 - 12:48 pm WITA

Makan Malam , tips Makan Malam , tips sehat

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Makan tepat sebelum tidur bukanlah kebiasaan yang sehat. Waktu ideal untuk makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang sempurna dan pencernaan yang baik. Tidak semua makanan yang anda makan di malam hari tidak sehat. Tetapi ada beberapa makanan yang memang dilarang untuk dimakan sebelum tidur karena bisa membuat pemakannya kesulitan untuk tidur.

1. Susu

Meskipun kaya akan protein dan kalsium, susu adalah sesuatu yang harus dihindari sebelum tidur. Kandungan laktosa susu dapat menyebabkan masalah pencernaan sepanjang malam. Akibatnya, anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Dan jika anda tidak toleran laktosa, anda sudah pasti harus menghindari susu di malam hari.

2. Cokelat

Semua orang suka sekotak kecil cokelat setelah makan malam, tetapi anda harus menghindari cokelat sebelum tidur. Kandungan gula yang tinggi dan kafein dapat membuat anda tidak tidur nyenyak.

3. Pizza

Pizza adalah cinta, pizza adalah hidup. Tapi tahukah anda, pizza adalah salah satu makanan yang pasti tidak boleh anda makan sebelum tidur. Pizza mengandung terlalu banyak kalori dan lemak trans yang diam di perut anda sepanjang malam, membuat anda tidak nyaman untuk waktu lama.

4. Jus buah

Jika anda berencana mengganti makan malam dengan segelas jus, jangan lakukan itu! Jus buah setelah jam 9 malam cenderung memiliki reaksi asam pada tubuh.

5. Alkohol

Menenggak alkohol dapat menyebabkan refluks asam atau membuat anda memuntahkan kembali apa yang ada dalam perut. Alkohol melemaskan katup yang menghubungkan lambung ke esofagus. Akibatnya, tubuh tidak mampu menyimpan makanan di tempatnya. Anda tidak mau bukan harus bolak-balik muntah saat tubuh anda sangat ingin beristirahat.

6. Soda

Jadi setelah refluks asam atau tekanan pencernaan, anda mungkin merasa bahwa segelas soda dapat membantu anda. Tidak, tidak ada yang lebih asam daripada soda. Asam soda merusak katup karena karbonasi, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada perut.

sumber: NDTV.com

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.