Jamkrindo Diharapkan Permudah Sumber Akses Pembiayaan UMKMK

Reporter : | 16 Mei, 2018 - 5:28 pm WITA

Pemkot Tomohon, Jamkrindo dan para kontrktor

Pemkot Tomohon, Jamkrindo dan para kontrktor

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Sebagai perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan kebijakan pembangunan nasional melalui peningkatan dukungan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK), Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) diharapkan bisa mempermudah sumber akses pembiayaan baik dari bank maupun sumber lainnya.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Drs Octavianus DS Mandagi saat membuka Sosialisasi

Penjaminan dan Business Gathering yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon bersama Perum Jamkrindo Cabang Manado Rabu (16/5/2018) di Ruang Rapat Lantai 3 Sekretariat Daerah Kota Tomohon.

Menurut wali kota, saat ini di tingkat nasional terdapat beberapa perusahaan penjamin kredit dan ada perusahaan asuransi yang juga melaksanakan fungsi penjaminan.

Namum mengingat keterbatasan permodalan dan wilayah operasional, pelayanan lembaga-lembaga tersebut belum secara optimal dapat dirasakan oleh UMKMK di seluruh Indonesia termasuk di dalamnya Kota Tomohon, ditambah dengan adanya ciri khas UMKMK di tiap daerah yang membutuhkan penyesuaian layanan yang tipikal untuk masing-masing daerah.

‘’Selaku Pemerintah Kota Tomohon kami mengharapkan agar Perum Jamkrindo sebagai perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan kebijakan pembangunan nasional melalui peningkatan dukungan bagi usaha mikro kecil menengah dan koperasi supaya mampu berperan secara efektif dalam menunjang struktur perekonomian nasional yang tangguh, sehat dan efisien sesuai dengan visi Jamkrindo yaitu bertekad mempermudah UMKMK mengakses sumber pembiayaan baik dari perbankan maupun kreditur lainnya,’’ tukas Eman melalui Mandagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Cabang Perum Jamkrindo Cabang Manado Maulana Poerba, Kepala Bagian Klaim dan Subrogasi Rudyanto Siregar, Kepala Bagian Bisnis Penjaminan Rachmat Firdaus, para kontraktor serta kepala perangkat daerah di lingkup Pemkot Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment