Tingkatkan Partisipasi, Eman Harap Pemilu 2019 Sukses, Aman dan Lancar

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak memberikan sambutan
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak memberikan sambutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak berharap Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 partisipasi masyarakat bisa meningkat dan berlangsung sukses, aman dan lancar.

Hal itu dikatakan wali kota saat membuka Sosialisasi Pemilihan Umum 2019 se- Kota Tomohon 2018 yang dilaksanakan di Aula Homestay Walian Satu Kecamatan Tomohon Selatan Rabu (16/5/2018) dengan penyelenggara Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon bersama narasumber
Wali Kota Tomohon bersama narasumber

‘’Peran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun 2019 sangat menentukan dalam rangka memberikan pendidikan pokok bagi masyarakat khususnya pemilih pemula di Kota Tomohon. Pemerintah menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan yang ada yaitu dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,’’ katanya.

Eman berharap semua peserta sosialisasi memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang politik khususnya tahapan pemilihan umum tahun 2019, sehingga partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu di Kota Tomohon di Kota Tomohon akan meningkat serta pelaksanaannya berjalan aman dan lancar.

Peserta sosialisasi
Peserta sosialisasi

Kepala Badan Kesbagpol Kota Tomohon Theodorus Paat, SIP dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang pemilihan umum 2019 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta terciptanya pelaksanaan pemilahan umum 2019 yang aman, lancar, tertib dan sukses di Kota Tomohon.

Narasumber yaitu Ketua Badan Pengawas Pemilihan Uum (Bawaslu) Sulawesi Utara Herwyn Malonda SH MPd, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara Divisi Hukum Ardilles Mewoh, Akademisi Dr Ferry Liando, Dandim 1302 Minahasa Letkol  Inf Nixon Purnama STh, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK dan Kasie Intel Kejari Tomohon Wilke Rabeta SH. (ark)