OD-SK Serahkan Bantuan Keuangan kepada 15 Kabupaten/Kota di Sulut

Reporter : | 11 Mei, 2018 - 11:25 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK, menyerahkan bantuan keuangan untuk 15 Kabupaten dan kota di Sulut, Jumat (11/5/2018).

OD-SK

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, serta Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika menyerahkan bantuan keuangan untuk 15 Kabupaten dan kota di Sulut.

Penyerahan bantuan secara simbolis ini, dilakukan langsung OD-SK didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, di ruang CJ. Rantung kantor gubernur Sulut.

Nampak hadir pada penyerahan itu, beberapa kepala daerah diantaranya, Walikota Bitung Max Lomban, Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepardjo, Penjabat Bupati Minahasa Roy Mewoh, Pelaksana tugas Bupati Talaud Petrus Tuange, Penjabat sementara Walikota Kotamobagu M Rudy Mokoginta.

Olly dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa hibah ini adalah prestasi dari olahraga. Karena itu, Olly mengajak agar menggiatkan kembali pekan olahraga  Provinsi Sulut.

“Jadi dengan hibah ini, semua sarana dan prasarana olahraga memang harus ada. Karena sarana dan prasarana olahraga ini bukan hanya untuk tempat olahraga, namun bisa digunakan untuk banyak kegiatan lain. Apalagi, bulan Juli nanti Sulut akan mengadakan Harganas yang otomatis akan membuat banyak masyarakat datang ke Sulut. Jadi sarana ini, kita juga bisa buat tempat kegiatan,” ucap Olly.

Lanjut Olly, Pemprov Sulut sangat serius dengan olahraga. Oleh karena itu, dana hibah ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Seluruh daerah perencanaan tentang pembangunan sarana sudah bisa dilaksanakan.

“Nanti di tahun kedepan Pemprov akan menyiapkan kembali dana untuk fasilitas infrastruktur olahraga. Dan pemberian hibah ini bukan hanya olahraga namun juga untuk bidang kesehatan,” ungkap Olly.

“Jadi kita memberikan hibah ini untuk kesehatan juga. Hibah ini, kita berikan untuk rumah sakit di daerah Kotamobagu. Saya harap semua yang menerima hibah ini bisa digunakan dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. .

Olly pula menyampaikan permohonan maaf karena nominal bantuan yang diberikan tidak bisa sama antara satu kabupaten/kota dengan yang lainnya. Ia menjelaskan hal ini disebabkan oleh karena skala prioritas yang berbeda pula.

“Tidak mungkin kita bangun rumah sakit besar juga di Bolaang Mongondow misalnya, bangunan bisa kita buat dan isinya bisa kita beli namun yang mengoperasikan peralatan medis tidak ada, buat apa? Jadi saya kira itu yang harus kita pahami bersama,” tuturnya.

Seperti diketahui, RSUD Kotamobagu akan menjadi rumah sakit rujukan untuk masyarakat yang ada di Bolmong Raya, Minsel, serta Mitra. Dari data yang didapat tercatat 140 lebih warga Bolmong meninggal dijalan oleh karena jarak tempuh ke RSUD Provinsi di Malalayang Manado terbilang jauh.

Sedangkan BKK Bidang Infrastruktur Olahraga digelontorkan berdasar keinginan Pemprov untuk menggiatkan kembali pekan olahraga yang ada di Provinsi Sulut, menumbuhkan bibit-bibit atlet berprestasi, dan sebagai persiapan PON Papua mendatang. Selain itu fasilitas olahraga yang dibangun diharapkan dapat menjadi penunjang even-even besar yang diadakan dan menjadi wadah berinteraksi warga masyarakat.

“Untuk daerah yang belum memiliki fasilitas dana ini bisa buat dulu perencanaannya siapkan lahannya kita sharing sama-sama nanti tahun depan kita bangun. Supaya kedepan pembangunan sarana prasarana olahraga dapat terbangun secara merata di Provinsi Sulawesi Utara ini,” demikian Gubernur menyampaikan.

Daftar penerima hibah dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ini telah ditata pada APBD Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan telah ditetapkan pencanangannya dalam Peraturan Gubernur Nomor 2 Tahun 2018 meliputi, BKK Bidang Kesehatan sebesar Rp. 15.500.000.000 yang diserahkan kepada Kota Kotamobagu.

BKK Bidang Infrastruktur Olahraga sebesar Rp.29.500.000.000 penyerahannya terbagi kepada Kota Manado Rp.10.000.000.000, Kabupaten Minahasa Rp.5.000.000.000, Kota Bitung Rp.2.500.000.000, dan masing – masing sebesar Rp. 1.000.000.000 untuk Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud, Kabupaten Bolmut, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minsel, dan Kabupaten Bolsel. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.