TEPD Pemkab Minsel Lakukan Penilaian di Desa Kumelembuai Satu

Reporter : | 11 Mei, 2018 - 11:05 pm WITA

TEPD Pemkab Minsel , Kumelembuai Satu, Tim Evaluasi Perkembangan Desa, KUMELEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Tim Evaluasi Perkembangan Desa (TEPD) Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melakukan penilaian di Desa Kumelembuai Satu Kecamatan Kumelembuai, Jumat (11/5/2018).

Tim yang dipimpin Ketua TEPD Asisiten I Pemkab Minsel Drs Handri Sondakh dan Ketua TP PKK Kabupaten Minsel Ny Elsye Wongkar Sumual, melakukan penilaian terkait kebersihan, keindahan, administrasi dan program PKK serta instrument lainnya yaitu Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan sebagaimana amanat Permendagri 81 Tahun 2015.

Ketua TED Pemkab Minsel Drs Handri Sondakh, dalam sambutannya mengatakan tujuan penilaian evaluasi perkembangan Desa, yakni mengevaluasi perkembangan desa dari tahun ke tahun yang berdampak pada perekonomian dan pendapatan keluarga.

“Karena itu kami berharap pemerintah desa nantinya dapat menindaklanjuti berbagai kekurangan, yang ditemui oleh tim penilai saat melakukan penilaian dan evaluasi,” katanya seraya menyampaikan apresiasi dari Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Wongkar, kepada pemerintah dan masyarakat Desa Kumelembuai Satu, yang hingga saat ini tetap memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan guna terwujudnya Minsel hebat dan terdepan.

Sebelumnya dari hasil evaluasi yang disampaikan tim penilai yakni Merry Togas mewakili TP PKK Pemkab Minsel memberikan apresiasi atas kemajuan dan perkembangan Desa Kumelembuai Satu dibawah kepemimpinan Hukum Tua Vendry Mamangkey dan Ketua Penggerak PKK Ny. Ulfa Diana Pangkey dan memberikan penilaian baik bagi Kelembagaan PKK dengan adanya sekertariat PKK di masing-masing jaga, struktur keanggotaan, dan masih dipertahankannya hatinya PKK.

Sementara Kabid Pembangunan Alfian Lapod menyebutkan dari hasil evaluasi didapati bahwa untuk masalah Pendidikan dan Kesehatan sudah memenuhi standart. Meskipun disisi lain perlu dikembangkan potensi yang dimiliki desa seperti Kopra, Gula dan Cap Tikus dan sumber daya alam air bersih Masalosot, dan perlu melakukan beberapa pembenahan dibenahi seperti pagar mini, pondok peta jaga, peraturan desa rupa bumi.

Dikesempatan yang sama, Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP didampingi Hukum Tua Desa Kumelembuai Satu Vendri Mamangkey dan Ketua T PKK Ny Ulva Pangkey, menyampaikan bahwa Desa Kumelembuai Satu merupakan terbaik pertama lomba Desa tingkat Kecamatan, menyisihkan 7 Desa di Kecamatan Kumelembuai, sehingga mewakili Kecamatan Kumelembuai pada lomba Desa di tingkat Kabupaten tahun 2018.

“Indikatornya, Desa Kumelembuai Satu, memiliki progres yang baik dalam perkembangan Desa selang dua tahun terakhir di Kecamatan Kumelembuai. Ini dibuktikan dengan kerjasama dan komitmen pemerintah dan masyarakat dalam melakukan pembenahan guna perkembangan Desa, bukan hanya dilakukan pada saat evaluasi dan penilaian, namun terus dilakukan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.