Pemprov Sulut Gelar Rakor Keamanan dan Ketertiban Pilkada Serentak di Sulut

Pilkada serentak
Rakor Pilkada serentak di Sulut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat koordinasi keamanan dan ketertiban menyambut pelaksanaan Pilkada serentak di Sulut Tahun 2018 ini.

Rakor yang dilaksanakan di ruang F. J. Tumbelaka kantor gubernur Sulut, Kamis (3/5/2018), dibuka Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulut, Mecky Onibala, bersama Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong, mewakili Gubernur Olly Dondokambey.

Onibala ketika membacakan sambutan Gubernur Olly Dondokambey, menyatakan, seiring dengan dimulai dan telah dirampungkannya beberapa tahapan dan proses pilkada secara serentak tahun 2018 ini maka dapat pastikan suasana kehidupan sosial masyarakat di bumi Nyiur Melambai semakin dinamis. Hak ini pula seiring meningkatnya suhu politik khususnya di enam kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

Lanjut Onibala, diharapkan kepada semua jajaran pemerintah yang terkait langsung dengan pelaksanaan pilkada di 6 kabupaten/kota untuk memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan ini sebagai wahan untuk memantapkan kesatuan visi dan langkah guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan kekerasan dan konflik di tengah masyarakat.

Ditempat yang sama, Karo Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong menyampaikan beberapa hal yang berhubunhan langsung dengan pilkada serentak yakni; melaksanakan koordinasi dengan pemangku kepentingan terlebih kepada aparat kabupaten dan kota, tetap melaksanakan monitoring evaluasi terhadap situasi politik. Karena pemerintahan provinsi memiliki kewajiban untuk menyampaikan kondisi ini di pusat.

Kumendong menambahkan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini, mengantisipasi terjadinya kekerasan dan pencegahan adanya konflik ditengah masyarakat selama pilkada serentak berlangsung dan dapat menciptakan keamanan dan ketertiban di daerah Provinsi Sulut.

Diketahui, enam daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Sulut Tahun 2018 yakni Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, Talaud, Sitaro, Bolaang Mongondow Utara, dan Kota Kotamobagu.

Trurut hadir dalam acara tersebut perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Sulut, perwakilan dari kepolisian dan TNI. (ton)