Pemkot Tomohon Sosialisasi Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam

Wali Kota, nara sumber dan jajaran BPBD Tomohon
Wali Kota, nara sumber dan jajaran BPBD Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kamis (3/5/2018) menggelar Sosialisasi Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam bertempat di Aula Happy Lyste Kakaskasen Satu Tomohon Utara.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi seperti ini sangat penting dilaksanakan untuk menjadikan Kota Tomohon siap dengan ancaman bencana jika terjadi tanggap darurat, di mana masyarakat dituntut untuk secara bertahap menjadi masyarakat yang tangguh bencana.

“Kegiatan ini menjadi momentum tepat dan memang sudah seharusnya secara dini dilaksanakan pada semua elemen masyarakat guna terwujudnya kota yang tangguh bencana,’’ ujar Eman.

‘’Gunung Lokon yang ada di Kota Tomohon kapan saja bisa erupsi. Untuk itu kami mengimbau masyarakat Kota Tomohon terlebih yang bermukim di sekitaran Gunung Lokon untuk tetap siaga, tanggap akan bencana, agar tidak terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan,’’ kata wali kota.

Peserta Sosialisasi
Peserta Sosialisasi

Sejak tahun 2016 lanjut Eman, kawasan rawan bencana erupsi Gunung Lokon telah mengalami perubahan yakni Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dari radius 5 km menjadi 6 km dan KRB II radius 3,5 km menjadi 4 km, sedangkan KRB III radius 2,5 km.

“Yang harus kita waspadai juga adalah bencana gerakan tanah atau tanah longsor. Kami telah memasang alat Early Warning Sistem (EWS) yang mendeteksi adanya potensi gerakan tanah dan saat ini telah dipasang di Wilayah Kelurahan Kayawu yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana,’’ jelasnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon Drs Robby Kalangi SH MM menjelaskan, maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat dalam upaya antisipasi dan pengurangan risiko bencana alam, serta mempersiapkan terwujudnya Kota Tangguh Bencana.

Hadir sebagai narasumber, Perwira Penghubung Kodim 1302 Tomohon Mayor Inf Feky Welang, Asisten Umum Setda Kota Tomohon Ir Corry Caroles , mewakili Kapolres Tomohon Kompol Thonny Salawati SH dan hadir sebagai peserta perwakilan SKPD Kota Tomohon, para camat dan lurah, LSM dan lembaga terkait dalam penanganan bencana. (ark)