Seminar Pengelolaan Berkelanjutan Sumber Daya Pesisir dan Laut Sulut Digelar di Bitung

 Sekretaris Kota Bitung, DR Audy Pangemanan ,  Sumber Daya Pesisir ,Laut Sulawesi UtaraBITUNG, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Kota Bitung DR Audy Pangemanan membuka kegitan Seminar Pengelolaan Berkelanjutan Sumber Daya Pesisir dan Laut Sulawesi Utara (Sulut) di Gedung PLC Kecamatan Maesa, Senin (23/4/2018).

Pangemanan mengatakan bahwa perkembangan ekonomi maritim dunia antara lain dipengaruhi dan mempengaruhi sumberdaya, kebijakan, teknologi serta pasar. Inti dari ekonomi maritim dalam tahapan ekonomi global tidak banyak mengalami perubahan selama bertahun-tahun.

“Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa inti dari perdagangan dalam ekonomi maritim adalah berbicara tentang ketersediaan, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam. Dalam konteks tersebut, maka cita cia membangun perekonomian Indonesia melalui sumber daya maritim menjadi tepat seperti yang digagas pemerintah saat ini, mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki sumber daya dan kekayaan laut yang melipah baik mineral maupun hasil perikanan,” beber Pangemanan.

Lanjutnya, dapat disimpulkan bahwa pembangunan berkelanjutan di sektor pengelolaan sumber daya pesisir dan laut setidaknya harus terarah pada komponen sistem alam, sistem manusia, dan sistem pengelolaan. Tantangan bagi kita adalah bagaimana menyelaraskan semua komponen tersebut melalui pengelolaan trade off.(kys)

Add Comment