Lomban-Mantiri Hadiri Peringatan Paskah se-Kota Bitung

Paskah se-Kota BitungBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximilian J Lomban dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri hadir dalam Perayaan Paskah Kota Bitung dirangkaikan dengan Pawai Kendaraan Hias Paskah se-Kota Bitung yang di Stadion Duasudara kota Bitung, Minggu (22/4/2018).

Kegiatan diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Pdt Frangky Kalalo STh MTh yang dalam khotbahnya mengajak jemaat untuk memaknai Paskah sebagai bagian wujud Kasih Allah kepada umatnya yang harus diteladani antar sesama manusia.

Dalam sambutannya, Lomban mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan momen yang tepat bagi semua umat Nasrani khususnya yang ada di Kota Bitung untuk mewujudkan arti penting dari kasih, bukan hanya kepada sesama kita orang kristen tapi juga kepada semua orang yang berbeda kepercayaan.

“Karena melakukan dan mengimplikasikan arti kasih lewat perbuatan nyata kepada sesama tanpa memandang suku, agama dan ras adalah esensi dari kasih itu sendiri,” tutur Lomban.

Lomban juga mengingatkan tentang pentingya memelihara persatuan dan kesatuan yang selama ini tercipta dan terus dijaga di Kota Bitung.

“Jika ada orang atau oknum tertentu yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan yang ada, harus segera diantisipasi dengan sesegera mungkin memberikan informasi kepada aparat yang berwenang untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, memaknai peringatan Paskah lewat kegiatan ini, sangat penting untuk tidak mengkonsumsi minuman keras (miras), jika didapati ada yang melakukan hal tersebut, maka kita harus jadi pelopor untuk menasehati dan mengingatkan pengaruh negatif yang ditimbulkan.

“Ingat kita jadi pelopor bukan pelaku,” pungkas Lomban.

Senada dengan Lomban, Mantiri mengatakan memaknai Paskah lewat tindakan nyata salah satunya adalah tidak mengkonsumsi miras pada pelaksanaan kegiatan ini, karena salah satu pemicu meningkatnya kriminalitas adalah miras.

“Perayaan Paskah bukanlah suatu kegiatan seremonial, dalam memaknainya harus ada tindakan nyata lewat perubahan prilaku kearah yang lebih baik,” ujar Mantiri.

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam pawai kendaraan hias Paskah se-Kota Bitung berjumlah 136 peserta, start di Stadion Duasudara dilepas oleh Lomban dan Finish di depan Kantor Walikota Bitung dan diterima oleh Mantiri.

Turut hadir Sekertaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung, Forkopimda Kota Bitung, para pejabat lingkup Pemkot Bitung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta instansi terkait lainnya.(kys)