Tunjang Program OD-SK, Puskud Sulut Salurkan Bantuan Pupuk Bagi Petani di Kecamatan Pasan

 OD-SK, Puskud , Orientasi Daerah Selesaikan Kemiskinan, vaniliPASAN, (manadotoday.co.id) – Pengurus Pusat KUD (Puskud) Sulut melakukan sosialisasi usaha pertanian dalam rangka menunjang program Orientasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Desa Liwutung Kecamatan Pasan, Mitra.

Acara yang dihadiri petani dan kelompok tani binaan KUD Kekal ini, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan pupuk kepada petani.

Usai pertemuan yang dihadiri Ketua Puskud Sulut Drs Ratu Dareda dan Dinas Koperasi dan UKM Sulut diwakili Suselo, dilakukan juga peninjauan budidaya tanaman vanili.

Dalam pertemuan itu, petani berharap agar Puskud Sulut bisa membantu petani memasarkan hasil pertanian dengan harga yang wajar.

“Selama ini petani seolah dibodohi. Pada saat menanam harga komoditi tinggi tapi saat panen harganya anjok,” keluh Jantje Losung.

Hal yang sama juga dikemukakan Nildy Pondaag, Jemmy Tolandung dan Ferry Joangkay. Menurut mereka, dengan kehadiran Puskud Sulut dan KUD, dapat menyelesaikan persoalan petani.

“Petani selalu dirugikan dengan harga yang anjlok pada saat panen,” tegas Jemmy.

Sementara Ketua KUD Kekal Berty Kawengian juga mengatakan, potensi pertanian di Kecamatan Pasan sangat besar.

“Semua komoditi bisa tumbuh baik di Pasan. Memang kendalanya harga,” katanya.

Saat ini juga sebagian petani di Liwutung dan sekitarnya sedang giat mengembangkan vanili. Salah satu petani vanili Jacky Kawulusan mengatakan, Liwutung saat ini menjadi sentra tanaman vanili di Kabupaten Mitra.

“Bahkan ada petani yang menanam belasan ribu batang,”tuturnya.(ten)

Add Comment