Bawaslu RI Rahmat Bagja: Sosialisasi Kolom Kosong Sah, Tapi Tidak Boleh Ada Ajakan

Bawaslu RI, Dr Rahmat Bagja , Pilkada mitra 2018, PKPU Nomor 8 tahun 2017 RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Dr Rahmat Bagja menyebutkan, kolom kosong atau kolom tak bergambar di kertas suara Pilkada, sah untuk disosialisasikan baik itu oleh masyarakat, organisasi kemasyarakatan hingga media masa, asalkan tidak boleh ada unsur ajakan atau mengarahkan masyarakat untuk memilih kolom kosong.

Menurut Bagja, sosialisasi kolom kosong telah diatur dalam PKPU Nomor 8 tahun 2017 pasal 27 ayat 1 dan 2.

“Jadi kolom kosong sah untuk disosialisasikan karena tidak melanggar hukum dan telah diatur dalam PKPU,”terang Rahmat, ketika membawakan materi penguatan pemantau pemilu pada calon tunggal dalam pemilihan gunernur bupati dan walikota tahun 2018 di Grand Garden Ratahan, Rabu,(18/4/2018.

Dia menambahkan, kolom kosong atau tak bergambar, kedudukannya sama dengan kolom yang bergambar pasangan calon, untuk itu Komisi Pemiluhan Umum (KPU) dan Panwas harus memberikan pelindungan dan tidak boleh melarang masyarakat memilih kolom kosong.

“KPU dan Panwas harus memberikan perlindungan dan tidak bisa melarang masyarakat jika mensosialisasikan bahkan memilih kolom kosong,”ujarnya. (ten)

Add Comment