Wali Kota Tomohon: Perencanaan Tentukan Kualitas Kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)– Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menegaskan, perencanaan adalah bagus terpenting dalam suatu kegiatan. Perencanan yang matang tentunya memberikan hasil yang baik dan sebaliknya, perencanaan tidak matang, pasti memberikan hasil kurang maksimal.

Wali Kota Tomohon membuka kegiatan sekaligus membawakan sambutan
Wali Kota Tomohon membuka kegiatan sekaligus membawakan sambutan

Hal itu dikatakan waki kota saat membuka kegiatan Sosialisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kota Tomohon tahun 2017 – 2025 yang digelar di Rumah Dinas (Rudis) wali kota Kamis (12/4/2018).

Menurut Eman, perencanaan akan memudahkan pengambilan keputusan sesuai arah yang benar, efisien dan efektif.

Kota Tomohon yang sementara berkembang lanjut wali kota, memiliki prospek ekonomi cemerlang dan cenderung stabil dari sisi politik, sosial dan ekonominya sehingga diharapkan terus mampu membuka peluang-peluang baru mendatangkan sumber capital bagi ekspansi pembangunan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon saat ini mengurus 135 urusan terdiri dari 98 perizinan dan 37 non perizinan yang diatur dalam Perwako Tomohon Nomor 6/2018 tentang Pelimpahan Kewenangan dan Penandatanganan Perizinan dan Non Perizinan dalam rangka pelayanan perizinan terpadu satu pintu.

Kota Tomohon tambah Eman, telah memiliki Mal Pelayanan Publik sesuai Permen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 23/2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dengan maksud peningkatan kualitas pelayanan public secara berkelanjutan yang rencananya diresmikan 21 April 2108 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan Menteri Hukum dan HAM RI.

Pejabat Pemkot Tomohon yang hadir di kegiatan
Pejabat Pemkot Tomohon yang hadir di kegiatan

”Di Mall Pelayanan Publik akan dilayani pwmbuatan Paspor setelah beberapa waktu lalu sudah ada perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi RI,” tukas wali kota.

Selain Keimigrasian, di Mal Pelayanan Publik ada pelayanan dari Kepolisian, Pajak, Perbankan, Pelayanan Samsat, Perusahaan Air Minum, Badan Keuangan Daerah, PT Pos, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pertanahan, Café/Kantin, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Disdukcapil, Diskominfo, Comand Center, Ruang Bermain Anak, Ruang Menyusui, Ruang Baca, ATM dan Halte Bus.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekkot Tomohon Ir Harold V Lolowang M Sc, MTh, Asisten Perekonomian Setda  Max Mentu SIP MAP, para narasumber dari akademisi Unsrat Manado Prof  DR Ir Charles Kepel DEA dan Kadis DPMPTSP Sulut Hendry RW Kaitjily SH, Kadis DPMPTSP Tomohon Ir Nova Rompas serta jajaran, para kepala perangkat daerah, lurah se-Kota Tomohon dan unsur Perbankan Kota Tomohon. (ark)