Jadi Lokasi Proyek Palapa Ring, Komisi I DPR RI Sembangi Sulut

Reporter : | 29 Mar, 2018 - 12:18 am WITA

Proyek Palapa Ring

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Haris bersama Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Edison Humiang bersama, pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang F.J. Tumbelaka kantor gubernur Sulut, Rabu (28/3/2018).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Komisi I DPR RI dibawa pimpinan ketua tim Abdul Haris, mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terkait pembagunan Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah, yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara.

Kunjungan tim diantaranya Andreas Pareira, Meutya Hafid, Syarifuddin Hasan, dan Direktur Utama PT. Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) Pantja Gelora, diterima Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Edison Humiang, didampingi sejumlah pejabat Pemprov Sulut di ruang F.J. Tumbelaka kantor gubernur Sulut, Rabu (28/3/2018).

Proyek Palapa Ring merupakan pembangunan jaringan tol informasi yaitu jaringan fiber optik baik submarine maupun inland ke wilayah-wilayah kabupaten/kota yang sangat membutuhkan kehadiran negara agar jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut. Pembangunan jaringan telekomunikasi oleh pemerintah perlu dilakukan karena daerah-daerah tersebut dinilai tidak feasible bagi operator telekomunikasi.

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Haris, mengatakan, proyek berteknologi tinggi itu bakal diluncurkan pada awal tahun depan.

“Proyek Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan rampung pada 2019. Sehingga daerah-daerah yang berada di paket tengah ini sudah bisa menikmati akses broadband,” ujarnya.

Direktur Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Latif menambahkan, pengembangan jaringan Palapa Ring Paket Tengah ini di kemudian hari, menjadikan wilayah-wilayah yang berada dalam lingkup Palapa Ring Paket Tengah akan mendapatkan layanan jaringan pita lebar (broadband) berbasis kabel (wireline) maupun non kabel (wireless) yang dapat diaplikasikan di berbagai area kegiatan.

Sementara itu, Asisten I Edison Humiang ketika membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, memberikan ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Komisi I DPR RI. Dimana Sulut dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kunjungan kerja.

“Bagi kami, ini merupakan suatu kepercayaan dan kepedulian terhadap dinamika pembangunan bangsa di Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara,” katanya.

Disampaikan Humiang, untuk mensukseskan proyek Palapa Ring Paket Tengah, Gubernur Olly menyatakan komitmen Pemprov Sulut untuk menjadikan stabilitas daerah, semangat persatuan dan kesatuan serta sinergitas kerja dengan DPR RI sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah.

“Sinergitas dengan berbagai stakeholder pembangunan bangsa, termasuk di dalamnya DPR RI, sebagai poin penting implementasi urusan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta kunci keberhasilan pembangunan daerah di lintas aspek,” tandasnya.

Humiang mengimbau pula seluruh perangkat daerah, agar secara maksimal memfasilitasi ketersediaan data dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Komisi I DPR RI.

“Ini akan mengoptimalkan pencapaian pembangunan Palapa Ring di Wilayah Sulawesi Utara,” imbuhnya.

Pada pertemuan itu, dilanjutkan dengan dialog antara tim Komis I DPR RI dan para pejabat Pemprov Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment