Pemkot Tomohon Tingkatkan Pengetahuan Germas bagi Siswa SD

Reporter : | 28 Mar, 2018 - 9:06 am WITA

Sekkot Lolowang membawakan sambutan wali kota

Sekkot Lolowang membawakan sambutan wali kota

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon terus menjamin perlindungan terhadap anak dengan menggelar peningkatan pengetahuan Gerakam Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi siswa SD yang dilaksanakan Dinas Kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Tulip Inn Selasa (27/3/2018) dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak  diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Membacakan sambutan wali kota, Lolowang mengatakan, dalam 30 tahun terakhir ini terjadi perubahan pola penyakit yang disebabkan berubahnya perilaku manusia. Era tahun 90-an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti ISPA, TB, diare, dan lainnya. Dan sejak tahun 2010 penyebab kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kencing manis.

Siswa SD peserta peningkatan pengetahuan Germas

Siswa SD peserta peningkatan pengetahuan Germas

‘’Penyakit ini menyerang tidak hanya usia tua tapi juga di usia muda. Hal ini disebabkan masyarakat semakin maju, informasi dan transportasi yang semakin mudah dan merubah gaya hidup masyarakat,’’’ kata Lolowang.
Ditambahkannya, perubahan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. ‘’Untuk itu, Germasmenjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,’’ tambahnya.

Tindak lanjut Inpres nomor 1 tahun 2017, Wali Kota Tomohon juga telah menandatangani surat edaran nomor 135/WKT/VII-2017 tanggal 28 Juli 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang harus dilaksanakan oleh setiap masyarakat di Kota Tomohon, termasuk anak-anak sekolah yang diharapkan dapat menerapkan Germas di sekolah masing-masing.

Kadis Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw M Biomed dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Hadir dalam kegiatan ini selaku narasumber Kadis Dikbud Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi, Sekdis Kesehatan Djonni Kereh MKes jajaran Pemkot Tomohon serta para peserta para guru dan siswa SD se-Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment