Wali Kota Tomohon: Keamanan Pangan Pengaruhi Kualitas SDM

Reporter : | 22 Mar, 2018 - 4:15 pm WITA

Drs ODS Mandagi membuka kegiatan

Drs ODS Mandagi membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, keamanan pangan akan turut mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, jika pangan tidak aman, akan berpengaruh pada kesehatan.

Hal itu dikatakan wali kota melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat  Drs Octavianus DS Mandagi saat membuka kegiatan Workshop Keamanan Pangan di Kota Tomohon tahun 2018, di Kantor Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Kamis (22/3/2017).

Peserta Workshop Keamanan Pangan

Peserta Workshop Keamanan Pangan

Dikatakannya, keamanan pangan menjadi hal yang penting karena terkait erat dengan kesehatan dan sektor ekonomi, di mana keamanan pangan merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kualitas SDM, dilihat dari sisi kesehatan mengkonsumsi pangan yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit.

Apabila ditinjau dari sisi ekonomi dapat menyebabkan kerugian bagi produsen dan konsumen. Keamanan pangan sangat penting dan menjadi dasar bagi negara-negara di dunia.

‘’Di sisi lain, dalam Nawa Cita yang digagas oleh Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa sudah menjadi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pangan yang aman dan bermutu,’’ kata Mandagi membacakan sambutan wali kota.
Ditambahkannya, ada beberapa hal penting yang menyebabkan penanganan keamanan pangan belum berjan dengan efektif yakni. Yakni, masih belum berkembang sistem pembinaan dan pengawasan keamanan pangan, kelembagan penanganan keamanan pangan termasuk laboratorium uji terakreditas masih terbatas.

Kemudian, SDM yang terlatih masih terbatas dan penegakan hukum yang masih lemah. Hal-hal tersebut yang menyebabkan system penjaminan keamanan dan mutu produk pertanian belum bisa berjalan dengan baik.

Salah satu upaya dalam pengembanagn keamanan pangan adalah melalui optimasi pengawasan keamanan pangan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan didukung oleh kelembagaan yang mantap yaitu Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan (OKKP).
Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Akademisi Fakultas Pertanian Unsrat Prof Dr Zelty Tamod MSi, Sekretaris Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Drs Chrestiforus Sembel. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment