Gelar Pra Musrembang, Sekda Mitra Minta Perangkat Daerah Profesional Susun RKPD 2019

 Pra Musrembang,  Pra Musrembang minahasa tenggara, RKPD 2019, Drs Robby Ngongoloy, MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Bappeda, menyelenggarakan kegiatan Pra Musrembang di Hotel Lagoon Manado, pada  Senin (19/3/2018) hingga Selasa (20/3/2018).

Kegiatan Pra Musrenbang yang memgambil tema ‘Akselerasi Pembangunan untuk Peningkatan Pertumbuhan di Segala Bidang dalam Mewujudkan Masyarakat yang Jelas Sejahtera’ ini, diikuti oleh semua Perangkat Daerah di Pemkab Mitra.

Sekretaris Daerah Mitra Drs Robby Ngongoloy, ME, M.Si, mengatakan kegiatan Pra Musrenbang membahas tentang penentuan skala prioritas pembangunan, termasuk infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi, terutama program yang bersentuhan langsung dengan pelayanan terhadap publik.

Selain itu, kata Sekda, kegiatan ini juga pada prinsipnya untuk memberikan pemahaman tentang cara pengisian renja OPD tahun 2019 berbasis online menggunakan sistem elektronik atau e-planning yang diinput melalui website resmi Pemkab.

Menurutnya, hasil yang ingin diwujudkan dalam Pra Musrenbang Kabupaten adalah rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah yang selaras.

“Dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui usulan Musrenbang Kecamatan baik dari aspek kewenangan, prioritas penanganan, alokasi, volume dan aspek pagu indikatif,” kata Ngongoloy saat memberikan arahan kepada peserta musrembang.

“Hasil pra Musrenbang nantinya akan terkompilasi, tersinkronisasi dan selaras prosesnya dengan prioritas pembangunan daerah 2019,” tambahnya

Dia berharap agar setiap Perangkat Daerah bertindak profesional dalam membuat perencanaan untuk akurasi akselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui pembangunan infrastruktur, peluang investasi produk unggulan dan inovasi daerah guna mewujudkan masyarakat Mitra Jelas Sejahtera. Juga meminta Bappeda sebagai koordinator perencanaan daerah dapat memastikan prioritas pembangunan daerah direncanakan hingga ke level rencana kerja anggaran.

Kegiatan Pra Musrembang ini ditutup oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Drs Piether Owu, ME.(ten)