Pemkot Tomohon Telusuri Penghambat Realisasi Anggaran Januari-Februari

Reporter : | 20 Mar, 2018 - 7:36 am WITA

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Anggaran Januari-Februari Pemkot Tomohon

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Anggaran Januari-Februari Pemkot Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Senin (19/3/2018) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan pengawasan realisasi anggaran belanja daerah Januari dan Februari 2018.

Rapat dipimpin Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh bertempat di ruang rapat Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon.
Saat membacakan sambutan Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak, Lolowang mengatakan, evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran dilaksanakan untuk mendorong penyerapan anggaran secara optimal di lingkup Pemerintah Kota Tomohon sekaligus pengawasan terhadap realisasi anggaran sehingga bisa ditemukan apa yang menjadi penghambat dalam penyerapan anggaran dan meningkatkan kualitas penyerapan anggaran.

Peserta Rapat Koordinasi dan Evaluasi Anggaran Januari-Februari

Peserta Rapat Koordinasi dan Evaluasi Anggaran Januari-Februari

‘’Kegiatan ini juga bertujuan dalam rangka optimalisasi kinerja realisasi anggaran, konsistensi realisasi dengan rencana pembangunan  dan konsolidasi pelaporan sehingga dapat difasilitasi penyelesaian hambatan-hambatan mengenai realisasi anggaran, dirumuskannya solusi terhadap hambatan-hambatan tersebut dan dilaporkan perkembangan realisasi anggaran dan program pemerintah secara berkala,’’ kata Lolowang.

Menurutnya, penyusunan instrumen akan menghasilkan satu perangkat instrumen yang lengkap dan menyeluruh mencakup aspek-aspek yang akan dimonitor dan dievaluasi. Instrumen monitoring dan evaluasi terdiri dari 3 bagian pokok yaitu kebutuhan data; metode pengumpulan data  dan sumber data.

Kepala Badan Keuangan daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk pengawasan atas realisasi anggaran aelanja daerah Kota Tomohon periode Januari-Februari 2018.

‘’Ini perlu dievaluasi. Bagaimana realisais anggaran, penyebab jika belum terealisasi dengan baik dan mencari solusi,’’ tukas Mogi. Kegiatan ini dihadiri oleh Inspektur Kota Ir DjoIke Karouw MSi, para Asisten Setda Kota Tomohon, seluruh kepala perangkat daerah Kota Tomhoon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment