Maximilliaan Lomban Perkenalkan Bitung ke Kajari Baru

Reporter : | 19 Mar, 2018 - 8:51 am WITA

Maximilliaan J Lomban SE MSi, Ariana Juliastuty SH MH, Kejaksaan Negeri Bitung BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximilliaan J Lomban SE MSi, memperkenalkan Kota Bitung kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung yang baru, Ariana Juliastuty SH MH.

Menurut Lomban, Kota Bitung memiliki lebih dari 250 ribu jiwa yang terdiri dari 3 etnis besar yaitu etnis Nusa Utara diantaranya Sanger, Talaud dan Sitaro, juga etnis Minahasa diantaranya Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Tomohon, Manado dan etnis Gorontalo.

“Selain 3 etnis besar ada juga masyarakat yang berdomisili di Bitung lainnya seperti Makassar, Jawa, Bali dan lain-lain. Karena Kota Bitung yang memiliki Pelabuhan besar sehingga banyak budaya dan masyarakat dari ujung Sabang sampai Merauke ada di sini,” jelas Lomban saat pisah sambut Kajari Bitung, dari Agustian Sunaryo SH CN MH ke Juliastuty di BPU Kantor Walikota Bitung, Jumat (16/3/2018).

Lanjutnya, Kota Bitung juga memiliki luas 313 km2 yang terdiri dari 43% hutan lindung dan cagar alam juga memiliki pelabuhan besar dan Pulau Lembeh sebagai pesona pariwisata tersendiri yang ada di Kota Bitung.

“Saat ini Kota Bitung sedang menjalankan 3 mega proyek utama yaitu, International Hub port, Tol Manado-Minut-Bitung dan Kawasan Ekonomi Khusus sebagai pendongkrak tumbuh ekonomi dan memberi dampak positif bagi Kota Bitung. Adapun 5 prioritas utama Prmerintah Kota Bitung dalam mensejahterahkan masyarakat, yaitu peningkatan kesehatan, peningkatan infrastruktur, pendidikan, ekonomi mikro/kecil dan penanggulangan kemiskinan. Disamping itu saat ini Pemerintah Kota sedang merealisasikan Mall Pelayanan Publik sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat dalam pengelolaan seluruh perijinan yang dibuat dalam satu tempat,” ulasnya.

Lomban berharap bahwa semua yang direncanakan oleh pemerintah, instansi vertikal terkait dan didukung dari semua pihak akan membuat Bitung semakin baik. Dengan adanya multyplayer effect bagi masyarakat guna meningkatkan roda ekonomi dan pertumbuhan positif bagi kota tercinta.

“Dan banyak selamat kepada Kajari yang baru, semoga dengan adanya kolaborasi positif yang terjalin sampai saat ini, bisa terus dilanjutkan untuk menjadikan Bitung menjadi lebih baik. Acara ini merupakan acara yang sangat bermakna sekaligus memberi kesan tersendiri bagi bapak Agustian Sunaryo yang sampai saat ini telah berpartisipasi aktif dan berkolaborasi bersama pemerintah dalam membangun Kota Bitung,” pungkasnya seraya mengatakan selamat kepada Kajari baru yang menjadi mitra kerja Pemkot Bitung.(kys

Baca Juga :

Leave a comment