Tahun Ini Lansia di Mitra Bakal Terima Bantuan Bedah Rumah

Reporter : | 15 Mar, 2018 - 9:19 pm WITA

Lansia Minahasa Tenggara,  Bedah Rumah lansia,  Fenggy Wurangian SE,

Fenggy Wurangian SE

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Warga lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pada tahun 2018 ini bakal mendapatkan bantuan beda rumah dari Kementerian Sosial. Bantuan tersebut akan diberikan kepada lansia yang kurang mampu di tiga daerah meliputi Desa Basaan Kecamatan Ratatotok, Tombatu dan Wioy Kecamatan Ratahan Timur.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Fenggy Wurangian SE, mengungkapkan bantuan beda rumah ini akan diberikan untuk 10 lansia dan masing-masing dianggarkan sebesar Rp15 juta.

“Jadi pengelolahan dana dilakukan oleh Dinas Sosial Mitra melaui kelompok kerja yang dibentuk dan bantuan untuk beda rumah akan diberikan kepada lansia berupa barang,”kata Wirangian.

Wurangian menyampaikan, walaupun bantuan beda rumah ini terbilang minim karena hanya 10 lansia saja, tapi kami bersyukur dibandingkan daerah lain tidak mendapat bantuan apa-apa.

“Kabupaten Mitra boleh bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, walaupun hanya 10 Lansia, memang pihaknya telah mengusulkan proposal ada sekira 100 lebih tapi hanya disetujui 10 lansia saja,”tuturnya.

Dia pun menargetkan pada bulan April 2018, proses beda rumah sudah selesai, sesuai batas waktu yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Jika bulan April proses beda rumah belum selesai maka konsekuensinya dana bantuan akan dikembalikan ke kas negara,”terangnya.

Ditambahkannya, Lansia yang akan menerima bantuan tersebut harus mengirim data dan foto ke pusat untuk diverifikasi apakah layak menerima bantuan atau tidak.

“Jadi bantuan ini memang benar-benar murni karena langsung diverifikasi oleh Pemerintah Pusat, dan penetuan penerima juga ditentukan oleh Pemerintah Pusat berdasarkan data yang dikirim,”tandas Wurangian.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment