Badai Matahari Dipastikan Serang Bumi Minggu Ini

Reporter : | 14 Mar, 2018 - 7:10 pm WITA

Badai Matahari, Badai Matahari 2018

(foto: NASA)

MANADOTODAY.CO.ID – Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) di AS, mengeluarkan peringatan badai geomagnetik yang berlaku pada hari Rabu (14/3) dan Kamis (15/3), karena terjadinya badai matahari.

NOAA mengatakan kepada ABC News bahwa yang akan terjadi hanya badai kecil. Peringatan berada pada level terendah, G1, dengan tingkat tertinggi G5 yang berpotensi bencana, menurut Science Alert.

Badai matahari terjadi saat lidah api matahari meletus di atmosfer matahari yang berhadapan langsung dengan Bumi, radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari letusan terasa sampai ke Bumi. Badai bisa berlangsung beberapa menit atau jam.

Ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan Matahari meletus, namun diyakini hal itu berkorelasi dengan gangguan medan magnet Matahari, menurut Gizmodo.

NOAA memperingatkan bahwa mungkin ada penurunan jaringan listrik dan ada dampak kecil pada operasi satelit untuk pesawat ruang angkasa. Gangguan satelit bisa mempengaruhi hal-hal seperti sistem GPS atau penerbangan komersial.

sumber: WJLA

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.