Hati Wanita Ini Rusak Berat Karena Sering Warnai Rambut

Reporter : | 13 Mar, 2018 - 3:44 pm WITA

 sirosis hati, penyebab  sirosis hati, efek pewarnaan rambut, bahaya mewarnai rambut

(foto: Orin Zebest/Flickr)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang wanita paruh baya dari Harbin, Cina, baru-baru ini didiagnosis dengan sirosis hati, yang tampaknya disebabkan oleh kebiasaannya mewarnai rambut setiap bulan.

Disebut Chen oleh media Cina, wanita berusia 50-an itu, mulai mewarnai rambutnya sejak 10 tahun yang lalu, saat uban mulai muncul. Kondisi rambut yang tumbuh dengan cepat, seakan menambah masalah, membuatnya harus mewarnai rambut sebulan sekali.

Kira-kira dua bulan yang lalu, saat Chen menaiki tangga ke kamarnya, dia mulai merasa sangat lelah dan terengah-engah. Ketika sampai di kamar tidur, suaminya melihat bahwa kulit istrinya telah menguning, begitu juga dengan matanya. Mereka kemudian segera pergi ke rumah sakit, dan di sana tes menunjukkan bahwa dia memiliki kadar bilirubin 10 kali lebih banyak dalam tubuhnya.

Dokter menemukan bahwa hati milik Chen sedang dalam stadium lanjut sirosis, dan dokter pun mencoba untuk mengetahui penyebabnya. Wanita itu tidak pernah memiliki masalah alkohol, dan riwayat medisnya tidak menunjukkan pernah mengkonsumsi obat yang bisa merusak hati, jadi mereka mencari tahu tentang kebiasaannya. Setelah mendengar bahwa dia rutin mewarnai rambut setiap bulan selama 10 tahun, dokter pun percaya bahwa bahan kimia dalam pewarna rambut bertanggung jawab atas sirosisnya.

Setelah menjalani pengobatan selama lebih dari 20 hari, kondisi Chen telah meningkat pesat, namun dokter mengatakan bahwa beberapa kerusakan pada hatinya tidak dapat disembuhkan, meningkatkan risiko terkena kanker.

Dr. Fu Lijuan, Direktur Departemen Penyakit Dalam untuk Penyakit Menular, mengatakan bahwa kebanyakan pewarna rambut mengandung puluhan bahan kimia, beberapa di antaranya sangat beracun bagi tubuh manusia, seperti nitrobenzene dan anilin. Zat ini mudah diserap melalui kulit kepala, dan begitu masuk ke dalam tubuh, zat tersebut harus dimetabolisme oleh hati. Seiring waktu, bisa menyebabkan kerusakan serius, seperti kasus Chen.

Dia menyarankan agar idealnya, kita tidak boleh mewarnai rambut, untuk melindungi hati, tapi jika harus, dia menyarankan agar menggunakan pewarna alami. Jika memilih pewarna rambut kimia, Fu mengklaim bahwa sebaiknya digunakan hanya enam bulan sekali.

sumber: Odditycentral

Baca Juga :

Leave a comment