Gubernur dan Ketua PKK Sulut Hadiri Penganugerahan Gelar Doktor HC kepada Megawati dari IPDN

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Sulut ibu. Rita Dondokambey-Tamuntuan, menghadiri penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis (8/3/2018).

Doktor HC IPDN
Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua TP-PKK Sulut ibu. Rita Dondokambey-Tamuntuan, memberikan ucapan selamat kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, usai menerima penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari IPDN.

Penganugerahan gelar di bidang politik dan pemerintahan kepada Megawati, dilaksanakan di Balairung Jenderal Rudini IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

“Pemberian (gelar doktor honoris causa) ini, untuk pertama kalinya sejak berdiri 1956 dengan nama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri yang didirikan Presiden RI pertama Ir Soekarno, tepatnya 17 Maret di Malang. Hari ini kita menyaksikan penganugerahan pertama,” kata Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata.

Disampaikan Ermaya, pemberian gelar atas kebijakan yang dilahirkan untuk pemerintahan saat Megawati menjadi Presiden RI, diantaranya menciptakan good governance dalam pemerintahan, dan menggagas perlunya koridor desentralisasi dalam bentuk otonomi daerah.

“Ibu Megawati Soekarnoputri, telah memberikan justification bahwa otonomi daerah perlu diperkuat untuk menguatkan pemerintah,” ujar Ermaya.

Lanjutnya, Megawati membuat mandataris yang konsisten untuk desentralisasi, konsisten mengatasi masalah pasca tuntutan reformasi, dan masalah krisis bangsa, dan utang negara oleh IMF.

“Beliaulah yang menyelesaikannya dan mengatasi gerakan disentegrasi bangsa di Papua, Aceh dan Ambon pada saat itu, kemudian melahirkan otonomi khusus Papua dan Aceh,” terangnya. (ton)