Konsistenkan Perencanaan dan Penganggaran, Pemkot Tomohon Bidik Nilai A LKIP

Reporter : | 06 Mar, 2018 - 6:33 pm WITA

Sekretaris Kota Tomohon saat membewrikan sambutan

Sekretaris Kota Tomohon saat membewrikan sambutan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh mengungkapkan, untuk memperoleh nilai sangat baik (A) pada Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), harus konsisten antara perencanaan dan penganggaran.

Hal itu dikatakan Lolowang saat membuka kegiatan Fasilitasi Pendampingan Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) tahun 2017, bertempat di Ruang Pertemuan Jhoanie Hotel Tomohon, Senin (5/3/2018).

‘’Untuk meraih nilai terbaik, tentunya kita berupaya untuk konsisten antara Perencanaan RPJMD/Renstra/RKPD, penganggaran (APBD/APBDP) serta capaian kinerja yang dilaporkan dalam laporan kinerja pemerintah,’’ kata Lolowang.

Peserta Sosialisasi LKIP

Peserta Sosialisasi LKIP

Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan  Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah tambah Lolowang, maka laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

‘’Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan secara memadai hasil analisa terhadap pengukuran kinerja,’’ tukas Lolowang seraya menambahkan ke depan akan mulai diterapkan E-SAKIP sehingga LKIP Perangkat Daerah maupun LAKIP Kota Tomohon akan semakin baik.

Narasumber pada kegiuatan tersebut Analis Monitoring Evaluasi Kemenpan/RB RI Anesia Ribka SAP. Dihadiri Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Max M Mentu SIP MAP, Asisten Umum Ir Corry Caroles, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, Kepala Bagian Organisasi dan SDM Setda Kota Tomohon Ir Martine Mamesah MSi serta para peserta sosialisasi yang semuanya berasal dari lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.