Olly Harap Nilai-Nilai Luhur Adat dan Budaya Terus Dipelihara

Reporter : | 02 Mar, 2018 - 8:25 pm WITA

Deklarasi Organisasi Adat dan Budaya Waraney Tanah Toar Lumimuut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, mengungkapkan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam perilaku seni, adat-istiadat dan budaya di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting dan strategis untuk terus dipelihara dan dikembangkan.

Waraney Tanah Toar Lumimuut.

Gubernur Olly Dondokambey, diwakili Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Mecky Onibala, mengukuhkan pengurus Organisasi Adat dan Budaya Waraney Tanah Toar Lumimuut.

“Upaya ini mampu memberikan identitas, jati diri pedoman, arah dan dasar bagi kita semua dalam mengisi pembangunan daerah dan bangsa untuk mencapai kesejahteraan bersama,” demikian dikatakan Olly, melalui sambutan yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Mecky Onibala, pada Upacara Deklarasi Organisasi Adat dan Budaya Waraney Tanah Toar Lumimuut di Lapangan Kantor Gubernur, Jumat (2/3/2018).

Menurut Olly, kemampuan masyarakat Sulut dalam menjaga dan mempertahankan nilai adat dan budaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah derasnya arus perubahan menandakan karakter, identitas dan jati diri yang tangguh.

“Kita adalah prajurit pemberani yang memiliki karakter, identitas dan jati diri yang kuat dan tidak pernah mundur dalam menghadapi setiap tantangan dan permasalahan yang datang,” tandasnya.

Olly menyatakan lagi, Pemprov Sulut akan menopang tujuan serta harapan dari segenap komponen Ormas Adat Waraney Tanah Toar Lumimuut dalam bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan karya terbaik bagi pembangunan seni adat istiadat dan budaya di Bumi Nyiur Melambai.

“Marilah kita menjadi agen-agen perubahan, prajurit pengawal pembangunan, karena kedepan kita harus terus memantapkan langkah dalam melanjutkan pembangunan daerah dilintas sektor dan dimensi terlebih dalam mengimbangi beragam tantangan yang semakin kompleks dan dinamis,” paparnya.

Olly menambahkan dalam sambutannya, segenap pengurus dan anggota Ormas Adat Waraney Tanah Toar Lumimuut, untuk terus menjadi garda terdepan dalam mempraktekan nilai budaya baku kase inga, baku-baku jaga, baku-baku bantu (gotong-royong).

“Marilah kita berkonstribusi positif dalam meningkatkan kerukunan di tengah-tengah pluralisme (etnis, religi budaya dan adat-istiadat) yang ada demi terwujudnya sulawesi utara berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya,” imbuhnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, perwakilan Forkopimda, Kepala Biro Infrastruktur yang juga Ketua LSM PPI Pakasaan Passo Indonesia Jemmy Ringkuangan, Tonaas, Panglima Besar Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Jimmy Malonda, Staf khusus Gubernur Sulut Bidang Budaya Trully Wungow, Ketua Pelaksana Chris Lengkong. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.