Peneliti Temukan ‘Tato Tertua’ di Dunia di Tubuh Mumi Mesir Kuno

Reporter : | 02 Mar, 2018 - 2:50 pm WITA

Pria Gebelein

Tato pada Mumi Pria Gebelein (foto: Sky News)

MANADOTODAY.CO.ID – Penemuan dua mumi Mesir kuno yang memiliki tato di lengan bagian atas, mungkin akan mengubah cara kita menafsirkan seni tubuh.

Tato yang lebih tua memang ada, tapi ini adalah seni bodi figuratif pertama yang ditemukan, bukan pola geometris.

Garis dan simbol berbentuk S ditemukan di lengan atas dan bahu “Wanita Gebelein”. Sementara gambar seekor banteng liar, seekor domba Barbary (spesies domba liar Afrika yang terlihat sangat mirip kambing) ditemukan di lengan atas “Pria Gebelein”.

Peneliti di British Museum mengatakan tato pada wanita mungkin menunjukkan status, keberanian atau pengetahuan magis, sementara pada pria cenderung simbol kejantanan dan kekuatan.

Posisi tato menunjukkan bahwa itu dimaksudkan agar bisa dilihat orang dengan jelas, bertentangan dengan kepercayaan sebelumnya yang mengatakan bahwa tato di Mesir hanya dilakukan pada wanita.

“Dia (wanita) memiliki (tato) tongkat yang bengkok di bagian atas lengannya dan di bahunya ada serangkain tato ‘S’ (tanda) dan kita memiliki perbandingan bagi mereka menurut seni predynastic ikonografi (sebelum sekitar 3000 SM).”kata Dokter Daniel Antoine, kurator antropologi fisik di British Museum.

“Kami pikir garis melengkung mewakili tongkat, sebuah tongkat bengkok yang sering digambarkan dalam adegan seremonial dan mungkin mewakili status khusus, tapi itu juga sering digambarkan dalam adegan ritual.”tambahnya.

Mumi itu digali 100 tahun yang lalu di kota Gebelein. Mumi diperkirakan hidup antara tahun 3351 dan 3017 SM, pada Periode Predealik sebelum Mesir disatukan oleh Firaun pertama.

sumber: Sky News

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.