Koordinasikan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, Pemkot Tomohon Gelar Rakorbang

Rakorbang Pemerintah Kota Tomohon
Rakorbang Pemerintah Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon Rabu (28/2/2018) menggelar Rapat Koordinasi  Pembangunan (Rakorbang) bertempat di Aula Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan, Rakorbang dilaksanakan sebagai langkah koordinasi unsur  Musyawarah Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait pengendalian kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan di Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon memberikan sambutan sekaligus menjadi narasumber
Wali Kota Tomohon memberikan sambutan sekaligus menjadi narasumber

Selain itu juga untuk mendapatkan informasi dan bahan masukan terkait mekanisme tata cara pelaksanaan dan kebijakan yang terkait dengan kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan lingkup Pemerintah Kota Tomohon, serta merupakan sarana mediasi antara Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal dalam menggali informasi dan solusi atas permasalahan yang dihadapi terkait pelaksanaan pembangunan.

‘’Saya berharap, melalui rapat koordinasi ini terjalin dialog antara narasumber dan peserta untuk membahas permasalahan dan alternatife solusi yang terkait dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Kota Tomohon, serta melalui dialog ini dapat tercetus suatu perencanaan pembangunan yang harus dapat meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah,’’ ujar wali kota.

Dikatakan Eman, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 09 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, Gubernur, Bupati, Wali Kota dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten dan Kota harus melakukan pemantauan Pelaksanaan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan yang meliputi pelaksanaan program dan kegiatan yang sesuai dengan tugas dan kewenanganya.

Peserta Rakorbang, para pejabat Pemkot Tomohon
Peserta Rakorbang, para pejabat Pemkot Tomohon

Pemantauan pelaksanaan program dimaksud dilakukan terhadap perkembangan realisasi penyerapan dana atau anggaran, realisasi pencapaian keluar atau output dan kendala yang dihadapi.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kota Tomohon Ir  Miky JL Wenur, Ketua PN Tondano Julien Mamahit SH MH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kepala Staff Kodim 1302 Minahasa Mayor Infantri Maudin Purba SSos,  mewakili Kapolres Tomohon Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, mewakili Kajari Tomohon Kasie Datun Kejari Tomohon Windu Sugiarto SH MH, seluruh Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (ark)