Lomban: Bersih Bisa Kok

bitung, kebersihan bitung,BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, tak putus-putusnya menggaungkan serta menggalakkan gerakan 5 bersih yakni bersih di darat, udara, laut, bawah tanah dan bersih Aparatur Sipil Negara (ASN), kepada semua pihak dalam rangka menjadikan Kota Bitung sebagai Kota Industri maupun Pariwisata yang ramah lingkungan.

Untuk itu, pada Jumat (23/2/2018) di Lapangan Pelabuhan Perikanan Bitung Kecamatan Aertembaga, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban menggelar Apel Kerja Bakti yang diikuti segenap ASN/ THL, unsur Marinir, Pala/ RT serta masyarakat sekitar.

Lomban menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab dan menjadi pekerjaan bersama semua pihak dan kegiatan seperti saat itu, kiranya dapat dilakukan secara rutin. Disamping itu, Lomban mengimbau kepada para pelaku perikanan untuk jangan sekali-kali membuang sampah di pantai ataupun, saat melaut karena hal tersebut akan berdampak buruk bagi ekosistem tempat mereka mencari nafkah.

“Saya minta kepada para pelaku perikanan, para nelayan yang nantinya akan melaut untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampah tersebut merupakan sampah plastik yang sangat berbahaya bagi ekosistem laut dan pantai,” tutur Lomban.

Penegasan ini diutarakan Lomban menyusul beberapa perahu nelayan saat kembali melaut tidak lagi membawa sampah, seperti informasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, volume sampah yang diangkut dari wadah sekitar Pelabuhan Perikanan sangat sedikit.

“Kami meminta pihak terkait untuk terus melakukan pengawasan serta sosialisasi bagi para nelayan, untuk membawa pulang sampah saat mereka melaut, dan apabila terbukti melakukan pelanggaran maka nelayan tersebut akan dikenai sanksi hukum,” tegasnya.

Lomban secara simbolis kemudian menyerahkan wadah secara gratis kepada nelayan yang ada, sembari berpesan agar kiranya sampah sampah yang ada selama melaut dapat dikumpulkan dan dibuang pada kontainer yang sudah disediakan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan membersihkan sampah-sampah sepanjang pantai maupun yang ada di laut.

“Terima kasih untuk atensi dan partisipasi semua pihak yang sudah mengambil bagian dalam kerja bakti ini, kiranya apa yang kita lakukan di sini dapat juga diikuti masyarakat lain di Kota Bitung. Mari sayangi bumi, bersihkan dari sampah. Bersih Bisa Kok!,” tutup Lomban.(kys)

Add Comment