Perlu Alat Penunjang, Dinas Koprasi UKM Mitra Usulkan Dana Rp420 Juta

Dinas Koprasi UKM Mitra, Rumah Kemasan minahasa tenggara, Marie Makalow,
Marie Makalow

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Rumah Kemasan yang berbandrol Rp2,5 miliar yang berlokasi di Kelurahan Wawali Pasan Kecamatan Ratahan belum akan digunakan, pasalnya pemanfaatannya masi perlu alat penunjang.

Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Marie Makalow, menyampaikan peralatan yang telah diadakan baru sebatas alat desain grafis mulai dari laser cuting, offset printer, hand sealer, printer laser, laminating dan komputer kerja. Sedangkan alat pencetakan bervolume besar belum ada dalam bangunan tersebut.

“Jadi alat peralatan yang sementara ada dalam bangunan Rumah Kemasan baru sebatas alat desain belum termasuk alat pencetakan bervolume besar,”ujar Makalow, Kamis (22/2/2018).

Makalow mengakui bahwa permohonan pengadaan pada tahun lalu terhambat dikarenakan waktu yang tak mencukupi atau sudah akan masuk pada akhir tahun anggaran. Namun Kini pengusulan telah dilakukan sebesar Rp420 juta yang nantinya akan masuk pada APBD perubahan tahun 2018.

“Sejumlah peralatan pendukung yang diusulkan yakni mesin digital label printing system, printer UV LED flatbed, pemotong kertas 52 centimeter, mesin digital label finisher, mesin coating UV, coating motif dan mesin karton sealer,”jelasnya.

Dia menuturkan, Dinas Koprasi dan UKM, juga akan mengusulkan total dana sekira Rp280 juta kepada Pemerintah Pusat untuk menambah peralatan.

“Namun pengusulan yang dilakukan tidak berupa dana melainkan peralatan dan realisasinya nanti pada perubahan anggaran ketika mendapatkan persetujuan pemerintah pusat,” tutur Makalow.

Ditambahkannya, dana yang tersedia dalam pengadaan fasiltas penunjang pada tahun lalu realisasinya terbentur masalah waktu.

“Memang pada tahun silam dananya tersedia tapi untuk dilakukan tender waktunya tidak mencukupi jadi tidak bisa untuk direlisasikannya, jadi sekarang kita mengusulkannya muda-mudahan bisa terealisasi karena ini untuk membantu bagi para industri kecil,”tandasnya. (ten)

Add Comment