Wakil Ketua KPK dan Gubernur Sulut Saling Titip Pesan

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan Olly Dondokambey
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, berjabat tangan dengan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, mengunjungi kantor gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka menghadiri rapat koordinasi dan supervisi program pemberantasan korupsi terintegrasi, Rabu (21/2/2018).

Kehadiran Basaria Panjaitan dan rombongan disambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di ruangan C.J. Rantung kantor gubernur, Basaria Panjaitan dan Olly saling titip pesan.

Diantara pesan Wakil Ketua KPK ini, menyarankan Olly berinovasi dalam menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dinilainya begitu besar dimiliki Sulut.

“Gubernur Olly harus mempunyai inovasi untuk mengembangkannya,” kata Basaria.

Kemudian, dia berpesan agar gubernur dapat memantau proses tata kelola keuangan dan pengadaan barang dan jasa daerah untuk menghindari potensi korupsi.

“Gubernur yang merupakan wakil Pemerintah Pusat tentunya berkewenangan melakukan pengawasan program kerja serta pengelolaan keuangan pemda,” tukasnya.

Sementara itu, Olly menitipkan pesan kepada Wakil Ketua KPK untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo. Ia berharap, gaji kepala daerah dinaikan.

Olly menjelaskan, setiap hari di rumah banyak kedatangan masyarakat. Mereka datang membawakan proposal dan segala macam.

“Saya mau titip buat ibu Basaria mudah-mudahan, ibu bisa menyampaikan kepada bapak Presiden Jokowi, bagaimana pekerjaan gubernur dan walikota/bupati untuk menghadapi tantangan-tantangan ditengah masyarakat saat ini. Bagaimana saya harus siap terus berhadapan dengan masyarakat, dengan kemampuan finansial penghargaan pemerintah terhadap kami disini,” ungkap Olly.

“Gaji kami Rp.5.800.000 dengan tunjangan-tunjangan yang harus add cost, pertanggungjawaban begitu add cont. Memang saya dapat 85 juta setiap sebulan untuk kegiatan seorang gubernur, tetapi itu semua at cost yang harus saya lakukan. Yang datang kerumah gubernur itu begitu banyak orang membawa proposal dan segala macam, namun saya sangat bersyukur ibu Basaria (pimpinan KPK), karena saya punya kemampuan lain dalam menghidupi keluarga dan rumahtangga saya. Jadi, kalau ibu Basaria (Pimpinan KPK) bisa mengatakan kepada pemerintah pusat. Saya kira itu titip saya buat ibu Basaria semoga Tuhan selalu menyertai kita,” beber Olly.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan titipan pesan dari gubernur itu siap disampaikan ke presiden.

“Pesan pak gub nanti saya sampaikan,” janjinya.

Turut hadir pada pertemuan itu, Irjen Kemendagri Sri Wahyuningsih, Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw, Ketua DPD Sulut Andrei Angouw, Kajati Mangihut Sinaga, Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito, Sekdaprov Edwin Silangen, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto, Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK Asep Rahmat Suwandha, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP Fadli Arif, Bupati dan Wali Kota di Sulut, dan para pejabat Pemprov Sulut. (ton)

Add Comment