Dua Tahun Kepemimpinan EMAS, Landmark Kota Tomohon Diresmikan

Menara Alfa Omega di Pusat Kota Tomohon
Menara Alfa Omega di Pusat Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak-Syerly Adelyn Sompotan (EMAS) memasuki dua tahun. Berbagai program telah dilaksanakan. Salah satunya diselelesaikannya pembangunan Menara Alfa Omega yang merupakan Landmark  Kota Tomohon dan diresmikan Selasa (20/2/2018).

Peresmian dan perayaan Dua Tahun Kepemimpinan EMAS dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke-51 Wali Kota Jimmy F Eman SE Ak di kompleks Menara Alfa Omega Pusat Kota Tomohon.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon memasang lilin HUT ke-51 dan HUT Dua Tahun Kepemimpinan EMAS
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon memasang lilin HUT ke-51 dan HUT Dua Tahun Kepemimpinan EMAS

Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, dalam dua tahun kepemimpinannya bersama wakil wali kota, Kota Tomohon berhasil mendapatkan Harmony Award dari Kementrian Agama RI, Penghargaan Swasti Saba Wistara atau Kota Sehat kategori tertinggi di tahun 2017.

Wali Kota menandatangani prasasti Menara Alfa Omega
Wali Kota menandatangani prasasti Menara Alfa Omega

Untuk kesehatan juga, telah berhasil menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit daerah Tipe D, telah memiliki galeri museum Kota Tomohon, pembangunan Anugerah Hall, pembangunan perpustakaan.

Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 telah menarik perhatian sebanyak 545.415 wisatawan baik domestik maupun mancanegara, Opini WTP dari BPK-RI tetap jadi bagian dari pemerintah Kota Tomohon,  peningkatan pelayanan publik dengan hadirnya Wale Kabasaran bersinergi dengan Smart City yang mulai akrab di telinga masyarakat Kota Tomohon yang terintegrasi lewat Command Centre dan pembangunan akses jalan baru sepanjang 395,16 km yang telah diaspal sampai tahun 2017.

Kepala Dinas PUPR  Joice Cherry Lidya Taroreh ST MSi membawakan laporan  pembangunan Menara Alfa Omega
Kepala Dinas PUPR Joice Cherry Lidya Taroreh ST MSi membawakan laporan pembangunan Menara Alfa Omega

Lanjut Eman, salah satu strategi pemerintah Kota Tomohon adalah dengan membangun Fasilitas Publik di area pusat pertumbuhan Kota Tomohon, serta potensi wisata.

‘’Oleh karena itu, pemerintah Kota Tomohon telah membangun Menara Alfa Omega. Pembangunan ini merupakan program jangka panjang Kota Tomohon sebagai Kota Wisata Dunia. Hal ini sebagai bentuk implementasi poin-poin program pemerintah dedicated EMAS menyangkut poin Mengubah Wajah Kota,’’ ujar Eman.

Pelepasan Burung Merpati tanda diresmikannya Menara Alkfa Omega
Pelepasan Burung Merpati tanda diresmikannya Menara Alkfa Omega

Dengan adanya menara ini diharapkan dapat menjadi landmark Kota Tomohon serta menjadi daya tarik masyarakat luas untuk berkunjung ke Kota Tomohon yang juga berdekatan dengan gereja Sion yang bersejarah sebagai salah satu bukti dalam pemerintahan di mana Presiden Soekarno pernah hadir, keagamaan dan pembangunan di Sulawesi Utara khususnya Kota Tomohon.
Sementara Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur memberikan apresiasi pada 2 tahun kepemimpinan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan.

‘’Kiranya ke depan sinergitas yang baik antara eksekutif dan legislatif lebih harmonis untuk kemajuan Kota Tomohon. Kesolidan seperti yang terjadi saat ini harus terus dipertahankan,’’ tukasnya.

Ibadah Syukur dipimpin Pdt Dr HWB Sumakul selaku Ketua BPMS GMIM. Kegiatan turut dihadiri Anggota DPD- RI Perwakilan Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow, Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Nixon Purnama STh, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko SH MH, Kapolres Tomohon diwakili Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor SH, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh bersama jajaran pemerintah Kota Tomohon, Direksi Bank Sulutgo Revino Pepah SE, Direktur RS Bethesda dan Pancaran Kasih dr Frangky Kambey MKes, Ketua BPN Kristanto Bulamey SH, tokoh-tokoh Agama dan Masyarakat serta hadirin undangan. (ark)