Sambut Penilaian Adipura, Pemkot Tomohon akan Tata Lingkungan

Pemkot Tomohon siap tata lingkungan untuk penilaian adipura
Pemkot Tomohon siap tata lingkungan untuk penilaian adipura

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang menegaskan, dalam menyambut penilaian Adipura, pihaknya akan melakukan penataan kembali lingkungan sekaligus merealisasikan program EMAS yakni merubah wajah kota.

Hal itu diungkapkan Lolowang pada Tapat Koordinasi Persiapan Penilaian Adipura yang dilaksanakan di Aula Anugerah, Kompleks Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon.

‘’Menjadi komitmen kita bersama untuk meraih kembali Penghargaan Adipura di Kota Tomohon yang kita cintai dan untuk mewujudkannya diperlukan kerja sama kita semua,’’ kata Lolowang membawakan sambutan wali kota.

Untuk itu, perlu keterlibatan seluruh komponen masyarakat maupun pemerintah menjadi ujung tombak keberhasilan kegiatan ini. Penanganan sampah mulai dari tumah tangga hingga ke TPA perlu diperhatikan, begitu juga dengan kebersihan di seluruh wilayah kota, baik jalan, pasar, terminal, sekolah puskesmas, sungai, tempat-tempat ibadah, hutan kota, taman kota, perkantoran, pertokoan, pemukiman, bank sampah dan TPA.

Peserta Rakor persiapan peniolaian adipura
Peserta Rakor persiapan peniolaian adipura

‘’Bukan semata-mata untuk mengejar penghargaan adipura tetapi juga menjadi sebuah kebutuhan demi mewujudkan masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia sesuai visi Kota Tomohon,’’ tambah Lolowang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi AH Politon SE dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun perilaku masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya secara partisipatif dalam pengelolaan lingkungan hidup juga untuk tercapainya fisik Kota Tomohon yang bersih, hijau dan indah yang dibuktikan dengan perolehan penghargaan dipura.

Turut hadir sebagai narasumber, Tim Penilai Adipura DLH Provinsi Sulut Bartje Karow SSi, Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Max M Mentu SIP MAP, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi dan pejabat eselon II lainnya, para camat, lurah dan kepala sekolah se-Kota Tomohon. (ark)