Bupati JWS Canangkan Pesona Minahasa Tahun 2018

 Pesona Minahasa Tahun 2018,Festival Benteng MorayaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, resmi mencanangkan Pesona Minahasa 2018 dan membuka pelaksanaan Festival Benteng Moraya pada Jumat (9/2/2018) di kawasan wisata budaya Benteng Moraya Tondano.

Pencanangan yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren ini, dilakukan bersama oleh Bupati JWS, Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Sekdakab Jeffry Korengkeng, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh, Kajari Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Ketua TP PKK Dr Ny Olga Sajow-Singkoh MHum, Wakil Ketua TP PKK Ny Jashinta Sarundajang-Paat, Wakil Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina dan Ketua FKUB Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdK.

Acara yang berlangsung meriah inj, diawali dengan Laporan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, dilanjutkan dengan pergelaran seni dan budaya Minahasa meliputi tarian Maengket dan tarian Pisok oleh tim Kesenian Ikatan Waraney Wulan Minahasa (IWWM), Musik Bambu Klarinet dan Tarian Kabasaran Minahasa.

 Pesona Minahasa Tahun 2018,Festival Benteng MorayaDalam sambutannya, Bupati JWS mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa ini, dan mengharapkan agar event ini terus dilanjutkan oleh Bupati Minahasa yang akan terpilih nanti.

“Ajang ini bukan sekedar tontonan tapi sebuah unsur yang harus dikembangkan lewat seni budaya Minahasa sebagai kearifan lokal untuk dijaga bersama bahkan di promosikan. Sehingga kepada Bapak ROR atau Bapak Ivansa yang akan menjadi Bupati Minahasa selanjutnya, kiranya akan terus melanjutkan kegiatan ini” ungkap Bupati.

Bupati JWS juga memberikan apresiasi pada unsur Forkopimda, SKPD, Perbankan, Kecamatan dan Sekolah-sekolah yang ikut serta dalam Karnaval Bendi Hias tahun 2018, dan mengharapkan kiranya even Festival Benteng Moraya terus dikembangkan di masa yang akan datang.

“Kita bersyukur pergelaran seni budaya maupun Karnaval Bendi Hias ini disambut dengan penuh sukacita oleh semua pihak termasuk masyarakat Minahasa maupun para wisatawan. Saya harap, kedepan nanti Festival seperti ini akan terus ditingkatkan dan wisata di Minahasa semakin maju dan berkembang,” ujar Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini.

Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo, dalam laporannya mengatakan bahwa dalam kegiatan Karnaval Bendi Hias akan dinilai oleh tim juri, di mana Juara I akan memperoleh Trophy Bupati JWS dan Uang Tunai Rp 5 Juta, Juara II memperoleh Trophy Wakil Bupati Ivansa dan Uang Tunai Rp 3 Juta dan Juara III memperoleh Trophy Sekdakab Jeffry Korengkeng dan Uang Tunai Rp 2 Juta.

Selanjutnya, Bupati JWS, Wabup Ivansa, Sekdakab Jeffry Korengkeng, Forkopimda, Kadis, Kaban, Camat, pimpinan Bank dan peserta lainnya melakukan karnaval Bendi Hias yang dilepas oleh Kadis Budpar Agustivo Tumundo.

 Pesona Minahasa Tahun 2018,Festival Benteng MorayaSetelah melewati rute mengelilingi kota Tondano Raya dan finish di Taman God Bless Minahasa Tondano, akhirnya tim juri yang terdiri dari Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Pariwisata Meksi Sahensolar SPi, Akadmisi UNSRAT Ir Aldrien Lombogia MT dan Dra Jenny Maweru dari unsur TP PKK Kabupaten Minahasa, menetapkan Bendi Hias milik Kadis Perdagangan Moudy Lontaan SSos sebagai Juara I, Bendi Hias milik Inspektur Daerah Frits Muntu SSos sebagai Juara II, dan Bendi Hias milik Direktur RSUD Samrat Tondano dr Hj Mariani Suronoto sebagai Juara III, yang ketiganya langsung menerima Trophy Bupati JWS, Trophy Wabup Ivansa dan Trophy Sekda JRK di lokasi Finish.

Disamping itu, tim juri juga menetapkan Bendi Hias milik Badan Pengelola Pajak dan Retribusi sebagai Juara IV, Juara V Kecamatan Remboken, Juara VI Kecamatan Tompaso Barat, Juara VII Dinas Pendidikan,
Juara VIII Kecamatan Tondano Utara, Juara IX Kecamatan Tompaso dan Juara X Kecamatan Kakas, kesemuanya memperoleh hadiah hiburan dari Bupati JWS berupa uang tunai masing-masing Rp 500 ribu. (rom)