Bupati JWS Akui Peran BI Tekan Inflasi di Minahasa

Reporter : | 08 Feb, 2018 - 1:41 pm WITA

M. H. A. Ridwan PhD, BI sulut,Inflasi MinahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si (JWS), menghadiri Peresmian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Screen House dan Pompa Air Dalam Rangka Sinergi Penerapan Pola Tanam Pada Klaster Cabai di Minahasa, Rabu (7/2/2018), di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DR. S. W. Siagian. MA, Asisten Administari Umum Hetty Rumagit, SH, Kepala Dinas Pertanian Ir. Subhan Torar, Sekretaris DPRD Minahasa Dr. Vicky Tanor, S.Pi, Deputi Direktur Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara M. H. A. Ridwan, PhD, serta jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa.

Menurut Deputi Direktur BI Sulawesi Utara M. H. A. Ridwan, PhD, inflasi sangat penting, dan dampak inflasi yaitu potensi kemiskinan meningkat.

“Inflasi rendah dan stabil bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam rangka mengontrol inflasi yang bersumber dari volatile food, BI memiliki dan menjalankan program pengendalian inflasi melalui pengembangan komoditas tertentu dalam bentuk klaster yang dilaksanakan oleh seluruh kantor perwakilan BI. Kehadiran klaster di harapkan dapat meningkatkan produktivitas dari komoditas penyumbang inflasi, dengan mengelola klaster melalui pendekatan rantai nilai.

Diakhir sambutannya, beliau meminta untuk tidak melihat besar atau kecil nilainya, namun tujuannya menjadi referensi untuk dikembangkan dan ditiru. Diharapkan dengan adanya screen house dan pompa air ini, dapat meningkatkan pasokan cabai rawit sehingga tekanan inflasi dari sisi supply dapat dicapai.

Sedangkan Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow. M.Si, mengajak semua yang hadir untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya sehingga acara saat ini dapat dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan saat ini merupakan komitmen dari BI untuk menekan inflasi daerah. 60%-75% masyarakat di Minahasa mempunyai mata pencairan sebagai petani, sehingga sumbangan ini memang luar biasa untuk menekan inflasi di Minahasa.

“Kita bersyukur program bantuan dari BI kepada Kabupaten Minahasa sangat membantu, dan selama 5 tahun ini BI selalu memberikan bantuan kepada Kabupaten Minahasa. Screen house sangat berguna, karena walaupun cuaca yang tidak baik di luar, tapi cabai dapat bertumbuh dengan baik,” urai Bupati.

Diakhir sambutan, bupati berterima kasih kepada Bank Indonesia atas kerjasama serta bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Minahasa. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment