Resmikan Sejumlah Puskesmas, Sumendap Berharap Pelayanan Kesehatan Masyarakat Meningkat

Reporter : | 08 Feb, 2018 - 9:28 am WITA

Puskesmas minahasa tenggara,RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati James Sumendap SH, meresmikan gedung Puskesmas Ratahan Timur, Puskesmas Ratatotok, Puskesmas Ratahan, Puskesmas Tombatu, Puskesmas Touluaan, rumah dinas dokter Puskesmas Pusomaen, Basaan, Molompar, Belang, Tambelang, Touluaan, dan UPTD Instalasi Farmasi.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Rinny Tamumtuan, dalam laporannya menyatakan bahwa dinas kesehatan melalui kebijakan bupati ada pengadaan gedung puskesmas, rumah dinas tenaga medis bahkan sampai rehabilitasi bangunan puskesmas dan sudah selesai, seluruh pembangunan/rehabilitasi tersebut akan diresmikan oleh pak bupati.

“Jadi pembangunan gedung puskesmas dan rumah dinas dokter di tatah dalam Dana Alokasi Umum (DAU) serta Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelas Tamuntuan.

Tamuntuan, mengatakan dengan adanya gedung puskesmas yang baru dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Minahasa Tenggara serta dapat memotivasi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang paripurna sesuai tuntutan agreditasi daerah universal coverage yang sudah berlaku tahun 2018 ini, agar Minahasa Tenggara jelas sehat dan sejaterah.

Sementara itu, Bupati James Sumendap SH, dalam sambutannya, berharap semua fasilitas yang telah diresmikan dapat dimanfaatkan sesuai peruntukan dan melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

“Diharapkan dengan diresmikan gedung puskesmas dan rumah dinas dokter dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat khusunya di Kecamatan Ratahan Timur,”harap Sumendap.

Puskesmas minahasa tenggara,Sumendap, menuturkan puskesmas kiranya bukan hanya sekedar tempat berobat, juga berfungsi sebagai rujukan dalam menunjang program universal coverage, masyarakat bisa menikmati program BPJS kesehatan yang di keluarkan Pemkab Mitra berjalan sesuai prosedur.

“Saya minta camat dan hukum tua untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait teknis pelaksanaan program tersebut, agar masyarakat dapat mengetaui program Pemerintah lewat pelayanan kesehatan terutama program BPJS Kesehatan pada tahun 2018 ini segera akan dirasakan masyarakat Minahasa Tenggara,”ungkap Sumendap, sembari mengatakan akan secepatnya menganggarkan pada APBD akses jalan serta prasarana penunjang lainya di Puskesmas Ratahan Timur.

Peresmian dihadiri Ketua DPRD Drs Tavif Watuseke, sejumlah anggota DPRD, Asisten I Drs G.H Mamahit, Dandim 1302 Minahasa Jubert Purnama, Kapolsek Ratahan beserta sejumlah pejabat pemkab.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment