Sangian: Surplus Beras Kabupaten Mitra Terus Meningkat Setiap Tahun

Reporter : | 04 Feb, 2018 - 10:15 pm WITA

Surplus Beras Kabupaten Mitra, produksi beras Kabupaten Mitra,  Ir Elly Sangian,

Ir Elly Sangian

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, surplus produksi beras di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terus meningkat.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara Ir Elly Sangian, Minahasa Tenggara bukan hanya bisa swasembada beras atau memenuhi kebutuhan sendiri, namun produksi beras Kabupaten Mitra ada dalam surplus yang setiap tahunnya terus ada peningkatan.

“Produksi beras yang saat ini menjadi masalah nasional, tidak berdampak di Kabupaten Mitra, karena produksi beras di Minahasa Tenggara setiap tahunnya terus mengalami peningkatan,”kata Sangian.

Sangian memaparkan, untuk data tahun 2014 produksi beras di Minahasa Tenggara ada pada angka 16,8 ribu ton, di tahun 2015 angka tersebut meningkat menjadi 17,18 ribu ton, ditahun 2016, angka ini meningkat lagi menjadi 18,4 ribu ton dan di tahun 2017 menjadi 18,8 ribu ton.

“Jadi dari Jumlah prnduduk kita ada pada angka 116 ribu jiwa dengan konsumsi maksimal 130 kilogram perjiwa pertahun dan untuk kebutuhan beras kita 15,8 ribu ton pertahunnya,”jelas Sangian.

Dia menuturkan, produksi beras Kabupaten Mitra menjadi daerah tertinggi kedua surplus beras di Sulawesi Utara setelah Bolang Mongondow.

“Jadi Kabupaten Mitra menjadi daerah kedua di Sulut suplus beras setelah daerah Bolangmongondow,”ujarnya.

Surplus peningkatan beras Pemkab Mitra, kata Sangian, tak lepas dari peran Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH, yang selalu memberikan motibasi hingga dari 15 Kabupaten Kota di Sulut, Minahasa Tenggara boleh tertinggi kedua.

“Ini berkat motivasi serta dorongan dari Pak Bupati James Sumendap SH, hingga produksi beras Kabupaten Mitra dapat surplus dan selalu ada peningkatan setiap tahunnya,”tandas calon Sekda Mitra ini.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.