Pemkot Bitung Realisasikan Penanganan Kasus Bibir Sumbing

Kasus Bibir Sumbing, Kasus Bibir Sumbing bitung,  TP-PKK Kota Bitung,BITUNG, (manadotoday.co.id) – Dalam penanggulangan kasus bibir sumbing, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melalui TP-PKK Kota Bitung, dalam sepekan ini sudah mendata 10 orang anak yang nantinya akan menjalani operasi bibir sumbing di salah satu rumah sakit swasta. Namun setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan, hanya 6 orang anak yang dinyatakan siap untuk dioperasi.

“Ada enam anak yang akan menjalani operasi, hanya saja untuk operasi pada hari Jumat 26 Januari 2018 nanti baru empat anak, karena dua orang anak masih dalam pemulihan kesehatan,” ujar Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung saat membawa anak-anak tersebut menjalani pemeriksaan akhir di salah satu RS di Manado, Rabu (24/1/2018).

Menurut Rawung yang juga Ketua P2TPPA ini, penanganan akan bibir sumbing pada anak akan memperbaiki kemampuan berbahasa, kepercayaan diri, kreativitas, kesadaran sosial, kesadaran emosional dan inteligensia mereka.

“Ini merupakan suatu kegiatan mulia dalam mendukung aspek psikologis anak dalam masa tumbuh kembangnya,” paparnya.

Lebih lanjut Bunda PAUD Kota Bitung ini mengatakan bahwa kerja cepat dari Pemkot Bitung dalam mendata dan memberikan informasi melalui Camat, Lurah, Kepala Puskesmas yang berkolaborasi dengan TP-PKK lewat Dasawisma 2, akhirnya dalam waktu yang singkat terdata 10 anak penderita.

Adapun kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU yang dilakukan antara Pemkot Bitung, TP-PKK Kota Bitung serta PT Salim Ivomas Pratama untuk menangani kasus bibir sumbing di Kota Bitung. Diketahui, keempat anak tersebut adalah Novri Adam usia 12 tahun, Juni Adam 10 tahun, Olivia 2 tahun dan Zulakarnain Randes berumur 4 tahun.(kys)