Paus Fransiskus: Berita Palsu Sudah Ada Sejak Zaman Adam dan Hawa

Reporter : | 24 Jan, 2018 - 8:19 pm WITA

Paus Fransiskus, Adam dan Hawa, Hari Komunikasi Dunia 2018

Paus Fransiskus (foto: Wikipedia)

MANADOTODAY.CO.ID – Berita palsu telah ada sejak zaman Adam dan Hawa, membuat dua manusia pertama ciptaan Tuhan tersebut jatuh ke dalam dosa, kata Paus Fransiskus pada Rabu (24/1/2018).

Disinformasi dan “manipulasi penggunaan jejaring sosial” memiliki “konsekuensi mengerikan” dan dunia harus memulai “proses kecermatan yang mendalam dan hati-hati,” katanya dalam pidato menandai Hari Komunikasi Dunia.

Pidatonya bertema seputar ayat Alkitab: “Kebenaran akan membebaskan Anda.” Paus juga menggambarkan jurnalisme sebagai “bukan hanya sebuah pekerjaan, itu adalah sebuah misi.”

Berita palsu menurut Paus adalah “pertanda sikap tidak toleran dan hipersensitif, dan mengarah pada penyebaran sikap arogan dan kebencian.”

Paus kemudian mengaitkan berita palsu ke Alkitab, mengatakan bahwa ini pertama kali digunakan oleh ular di Taman Eden.

“Kita perlu membuka topeng apa yang bisa disebut ‘taktik ular’ yang digunakan oleh mereka yang menyamarkan diri mereka untuk menyerang setiap saat. Inilah strategi yang digunakan oleh ‘ular licik’ dalam Kitab Kejadian, pada awal umat manusia, menciptakan berita palsu pertama yang memulai sejarah tragis dari dosa manusia” jelasnya.

sumber: NBC News

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.