989 PPDP di Minahasa Turut Andil Pemecahan Rekor MURI KPU RI

 Rekor MURI, Rekor MURI KPU RI, KPU minahasa,pilkada minahasa 2018TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam rangka Pilkada tahun 2018, pada Sabtu (20/01/2018).

Walhasil, kegiatan dengan target minimal 5 KK per PPDP, yang juga dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia yang akan menggelar Pilkada tersebut, berhasil memecahkan Rekor MURI jumlah pemilih terbanyak yang didata dalam sehari.

Coklit atau pencocokan dan penelitian daftar pemilih ini merupakan hal mendasar yang menentukan data pemilih yang berkualitas nantinya.

Untuk Minahasa sendiri, dikunjungi langsung oleh DR. Ardiles M. R. Mewoh, S.I.P., M.Si Komisioner KPU Provinsi yang juga Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara. Mewoh memimpin langsung apel kesiapan GCS di Kantor KPU Minahasa dan setelah itu melihat langsung proses Coklit bersama Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi, MSi dan jajaran.

Menurut Mewoh, kegiatan seperti hal ini selalu dilaksanakan di setiap Pemilu, yaitu Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,

“Bedanya Coklit saat ini dikemas KPU supaya menjadi event yang lebih monumental, juga menjadi sarana sosialisasi bagi masyarakat,”ujarnya.

“Kita melakukan secara serentak nasional bagi (daerah) yang akan melaksanakan pemilihan, dan setiap penyelenggara pemilu memiliki target yang bisa dicoklit hari ini, dan tahapan ini perlu diperhatikan oleh semua pihak, terutama dari KPU Pusat hingga PPDP,” katanya, sembari menegaskan PPDP sendiri dalam hal ini adalah ujung tombak.
Dia pun berharap, Coklit yang akan digelar sejakn tanggal 20 Januari hingga 18 Februari, mendapat dukungan dari  masyarakat, dengan jika ada warga yang belum sempat dikunjungi, untuk melapor kepada PPDP agar semuanya dapat terdata.

Sementara itu, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon, mengatakan hampir seribu PDDP ninimal dapat mencoklik 5 Kepala Keluarga hari ini, sehingga apa yang dilaksanakan hari ini dapat maksimal, juga sepanjang masa Coklit hingga 18 Februari nanti. Dan PPDP harus mendata sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atau sesuai dengan teknis pelaksanaan.

“Atas sukses hari ini, kami mengapresiasi kinerja PPDP yang didampingi PPS dan PPK,” ungkapnya.

Sedangkan Erwin Sumampouw dari pihak Panwaslu Minahasa yang ikut mengawasi jalannya Coklit , mengatakan bahwa sejauh ini sudah berjalan baik.

“Kami lihat sejauh pantauan tadi sudah berjalan baik, tugas kami hanya memastikan dan menjamin hak konstitusi setiap warga, khususnya yang ada di Minahasa agar dapat terdata dengan baik,” jelasnya. (rom)