Jangan Lengah, Gejala-gejala Ini Bisa Bearti Kanker Usus

Reporter : | 19 Jan, 2018 - 12:48 pm WITA

Kanker Usus, gejala Kanker Usus

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Jika berbicara tentang kanker, diagnosis awal merupakan hal yang sangat penting, bisa menentukan antara hidup atau mati.

Kanker usus adalah kanker ketiga yang paling umum terjadi di Inggris, namun kebanyakan orang tidak mengetahui gejalanya.

Kondisi tersebut sering dikaitkan dengan diet, merokok dan penuaan, mempengaruhi 41.265 orang pada tahun 2014 dan menyumbang 15.903 kematian di tahun yang sama.

Kanker usus adalah penyakit yang mudah diobati jika diketahui lebih awal, namun menurut NHS Choices, penyakit bisa sulit dikenali karena gejala bisa tidak jelas dan bahkan tidak terdeteksi.

Namun, situs NHS menunjukkan bahwa 90% orang dengan kanker usus akan mengalami gejala ini:

1. Perubahan besar pada kebiasaan buang air besar: Sering ke toilet, dengan kotoran encer dan sering sakit perut

2. Terdapat darah dalam tinja (haemorrhoids): Jika ada darah di tinja dan tidak ada alasan lain yang jelas, itu bisa menjadi tanda kanker usus.

3. Sakit perut: Rasa sakit, rasa tidak nyaman atau kembung selalu disebabkan oleh makan, juga bisa menjadi pertanda kanker yang umum.

4. Penurunan berat badan: Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan atau penurunan berat badan akibat kurang makan karena sakit perut bisa menjadi tandanya.

5. Benjolan: Benjolan di perut Anda yang tidak hilang juga bisa menjadi tanda kanker usus dan harus diperiksa oleh petugas medis.

sumber: dailystar.co.uk

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.