Panwaslu Minahasa Resmi Miliki PPL

Reporter : | 17 Jan, 2018 - 8:56 pm WITA

Panwaslu Minahasa , PPL minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Guna memaksimalkan pengawasan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018,  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa, hari ini Rabu (17/2/2018) resmi melantik 270 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang bertugas melakukan pengawasan di masing-masing desa dan kelurahan, yang dibagi sesuai Daerah Pemilihan (Dapil).

Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit STP, dalam sambutannya mengatakan nantinya PPL akan melakukan pengawasan setiap tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Minahasa tahun 2018 di Desa/Kelurahan. UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, makin memperkuat keberadaan Bawaslu, Panwaslu, Panwaslu Kecamatan hingga PPL dalam melakukan tugas pengawsan.

Tugas mereka diantaranya mengawasi ASN dan Lurah/ Hukum Tua hingga perangkat desa supaya tidak terlibat tindakan menguntungkan salah satu calon.

“Setiap pelanggaran yang di temukan atau dilaporkan kepada PPL maupun Panwaslu Kecamatan wajib diproses, sebab jika tidak maka PPL atau Panwaslu Kecamatan akan dikenakan sanksi pidana atau administrasi. Untuk pelanggaran yang di lakukan oleh ASN atau Perangkat akan di berikan sanksi administrasi maupun pidana,” ujar Rumagit saat menghadiri pelantikan di dapil empat di Aula Panti Asuhan Bala Keselamatan Tompaso, didampingi Anggota Panwaslu Minahasa Rendy Umboh S.Si M.Si.

Tugas kita dalam waktu dekat ini adalah mengawasi pencocokan dan penelitian wajib pilih yang akan dilakukan oleh petugas PPDP bentukan KPU. Untuk pembayaran honor atau uang kehormatan PPL, menggunakan dana APBD Minahasa.

“Selamat bergabung sebagai pengawal demokrasi di Minahasa bagi PPL yang baru dilantik ,” ujar Rumagit.

Untuk pelantikan PPL sendiri, dibagi sesuai dapil Minahasa, untuk dapil satu di Kecamatan Tombulu, dapildDua di Kecamatan Tondano Barat, yang dihadiri oleh Anggota Panwaslu Minahasa Erwin Sumampow, kemudian dapil tiga di Kecamatan Kakas dan dapil empat di Kecamatan Tompaso yang dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan, usai pelantikan dilanjutkan dengan orientasi serta Bimbingan Teknis (Bimtek). (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.