BPKSDM Lakukan Tahapan Seleksi Sekda Mitra

BPKSDM mitra, Sartje Taogan, calon sekda mitra
Sartje Taogan

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai melakukan tahapan seleksi Sekretaris Daerah (Sekda), pasalnya, jabatan Sekda Mitra yang dijabat Ir Farry Liwe, dipastikan akan segera lowong terhitung sejak 1 Maret nanti.

“Kami sudah bentuk pansel jabatan pimpinan tinggi pratama. Seleksi ini akan diikuti pejabat eselon 2 yang memenuhi syarat. Dipastikan 1 Maret Mitra jabatan Sekda Mitra sudah diisi pejabat baru,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sartje Taogan, Selasa (16/1/2018).

Pembentukan pansel menurut Taogan, sudah berdasarkan rekomendasi dari Kemenpan-RB.

“Sebelumnya sudah kami ajukan untuk pengisian jabatan Sekkab Mitra yang akan kosong karena pensiun,” katanya

Menurutnya, tahapan pengumuman seleksi, sudah dimulai sejak 5 Januari, sekaligus pemasukan berkas administrasi.

“Serta berkas yang dimasukan langsung diverifikasi. Terakhir pemasukan berkas 19 Januari. Kemudian segera diumumkan pada 22 Januari,” jelas Taogan.

Selanjutnya, para peserta yang lolos administrasi akan mengikuti assessment yang dilakukan tim pansel.

“Juga ada tes penulisan makalah 30 Januari dan tes wawancara. Untuk hasil seleksi keseluruhan akan diumumkan 7 Februari. Lalu kami kordinasi ke Gubernur,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pansel DR Wempie Kumendong SH MH menegasakan dalam seleksi ini tidak ada intervensi.

“Baik dari Gubernur atau pun Bupati. Karena kami mengacu dan tunduk pada UU no 5 tahun 2014 tentang ASN,” kata Akademisi Unsrat ini.

Pansel juga menurut Kumendong, terdiri dari internal dan eksternal (akademisi).

“Jadi yang Sekkab yang terpilih nanti berdasarkan murni hasil seleksi. Apalagi materi seleksi diambil dari pusat,” terangnya.(ten)