Pengamanan Pilkada Minahasa 2018 Sedot Dana Hingga Rp6,750 M

Reporter : | 17 Jan, 2018 - 2:13 pm WITA

Pilkada Minahasa 2018 , dana Pengamanan Pilkada Minahasa 2018 TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bertempat ruang rapat kantor Bupati Minahasa pada Rabu (17/01/2017), digelar acara penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD) dan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Polres Minahasa, Polres Manado, Polres Tomohon serta Kodim 1302 Minahasa dan Kodim 1309 Manado.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH, MSi, Kapolres Minahasa AKBP Christ R. Pusung SIK, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, Dandim 1302 Minahasa Letkel Inf. Jubert N. Purnama, STh, Dandim 1309 Manado Letkol inf. Arif Harianto, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon, M.Si, Ketua Bawaslu Minahasa Donny Rumagit, Perwakilan Kejari Tondano Olivia Pangemanan SH, MH selaku kepala Seksi tindak pidana umum, para asisten, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa, pada kesempatan tersebut mengatakan Kabupaten Minahasa merupakan salah satu daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 ini. Momentum politik setiap 5 tahun sekali ini harus kita sukseskan bersama. Ini merupakan tugas penting bagi proses demokrasi di Minahasa.

“Salah satu aspek yang memegang peranan penting bagi suksesnya pilkada ini adalah aspek keamanan, dimana hal ini tentu menjadi tanggungjawab kita bersama terutama jajaran TNI dan Polri. Karena itu untuk menopang tugas tersebut perlu di dukung dengan pendanaan dari pemerintah daerah.”ujar Bupati

Lanjut Bupati, memang harus diakui bahwa APBD Kabupaten Minahasa sangat terbatas akibat adanya beberapa pos pendapatan yang mengalami penurunan. Karena itu, Pemkab tidak dapat memenuhi secara keseluruhan usulan anggaran pengamanan yang disampaikan pihak Polres maupun Kodim.

“Keterbatasan anggaran ini sangat diharapkan tidak akan mempengaruhi kinerja pengamanan yang berkelanjutan dan berkesinambungan yang dibarengi dengan koordinasi yang baik dalam rangka mendukung kesuksesan pemilihan kepada daerah di Kabupaten Minahasa sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ,” tutur Bupati.

Sebagai Bupati yang juga adalah pejabat pembina kepegawaian, telah menginstruksikan kepada ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan menjaga netralitas sebagai aparatur pemerintah.

Berikut rincian Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah ( NPHD ) antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Polres Minahasa, Polres Manado, Polres Tomohon serta Kodim 1302 Minahasa dan Kodim 1309 Manado tentang pelaksanaan dana hibah pengamanan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018:

1. Kepolisian Resor Minahasa : Rp. 4 miliar

2. Kepolisian Resor Tomohon : Rp. 750 juta

3. Kepolisian Resor Manado : Rp. 750 juta

4. Kodim 1302 Minahasa : Rp. 1 miliar

5. Kodim 1309 Manado : Rp. 250 juta

Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dan kepolisian Resor Tomohon terkait pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.