Sering Unggah Foto Dirinya di Medsos, Remaja 16 Tahun Tuntut Ibunya di Pengadilan

Reporter : | 16 Jan, 2018 - 12:18 pm WITA

facebook, Italia MANADOTODAY.CO.ID – Kita semua sering memposting foto orang yang kita cintai, terutama foto anak-anak yang menggemaskan di media sosial sepanjang waktu tanpa pernah memikirkan berpotensi mempunyai konsekuensi hukum. Seperti yang telah terjadi di Italia baru-baru ini, yang akan mengajarkan kita bahwa memposting foto orang lain secara online tidak sesederhana yang kita semua pikirkan.

Tahun lalu, seorang remaja Italia berusia 16 tahun, membawa ibunya ke pengadilan karena terus-menerus mengunggah foto dirinya di Facebook secara sepihak. Anak laki-laki tersebut mengklaim bahwa tindakan ibunya memiliki dampak serius pada kehidupan sosialnya, sampai-sampai dia mempertimbangkan untuk pindah ke sekolah menengah atas di Amerika Serikat agar bisa “memulai kehidupan dari awal”.

Pada tanggal 23 Desember 2017, Hakim Monica Velletti dari pengadilan sipil di Roma, membuat keputusan historis, dengan mendukung permintaan remaja tersebut, dan memerintahkan ibunya untuk menghapus semua foto dari akun media sosialnya pada tanggal 1 Februari 2018, atau beresiko denda sebesar € 10.000 (Rp163,5 juta).

Media Italia melaporkan menurut dokumen pengadilan, remaja 16 tahun dan ibunya telah dalam konflik terbuka sejak dia dan ayahnya bercerai. Setelah berpisah, sang ibu diduga mulai memposting foto dan rincian kehidupan pribadinya secara “kompulsif”.

Pengacara Giuseppe Croari, mengatakan kepada Euronews bahwa ibu tersebut telah melanggar persyaratan dan ketentuan Facebook dengan memasang gambar anaknya dan secara efektif mengklaim hak cipta atas datanya. Undang-undang hak cipta Italia dengan jelas menyatakan bahwa subjek foto memiliki hak cipta, dan izin tertulis diperlukan sebelum dipublikasikan di media sosial.

sumber: Euronews

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.