Peneliti: Yogurt Brokoli Bisa Cegah Atau Bahkan Sembuhkan Kanker Usus Besar

Reporter : | 12 Jan, 2018 - 1:38 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Yogurt brokoli dapat mencegah atau bahkan mengobati kanker usus besar, menurut sebuah penelitian baru.

Peneliti di Singapura menemukan bahwa yogurt yang dibuat dengan brokoli, membunuh 75 persen tumor pada tikus, dan lebih dari 95 sel kanker usus yang tumbuh di laboratorium.

Brokoli mengandung zat kimia melawan kanker yang disebut sulforane, sedangkan yogurt mengandung probiotik – bakteri yang membantu menjaga keseimbangan alami organisme di perut dan usus.

Berdasarkan temuan ini, peneliti percaya yogurt berbasis brokoli adalah ‘formula penghilang penyakit’ yang dapat digunakan sebagai pencegahan kanker dan untuk menyingkirkan sisa sel setelah operasi pengangkatan tumor.

“Satu aspek menarik dari strategi kami adalah bahwa hal itu hanya memanfaatkan gaya hidup kita, yang berpotensi mengubah diet normal kita menjadi rejimen terapi yang berkelanjutan,” kata peneliti Matius Chang, profesor di National University of Singapore.

Profesor Matthew Chang dan Dr Chun-Loong Ho merekayasa bakteri tidak berbahaya yang disebut E. coli Nissle, yang ditemukan di usus. Dengan menggunakan teknik genetika, mereka mengembangkan itu menjadi probiotik yang menempel pada permukaan sel kanker usus dan mengeluarkan enzim untuk mengubah zat yang ditemukan pada brokoli dan sayuran cruciferous lainnya menjadi agen anti kanker yang manjur.

Dalam tes, itu membunuh hampir semua sel kanker usus yang tumbuh di laboratorium. Kemudian, secara mengejutkan, kombinasi yogurt dan sayur membunuh 75 persen tumor pada tikus dengan penyakit ini.

Menariknya, campuran ini tidak berpengaruh pada sel dari jenis kanker lain seperti kanker payudara dan perut.

sumber: dailymail.co.uk